Dulu dan Kini Tetap Dipadati Kapal Asing

Dulu dan Kini Tetap Dipadati Kapal Asing
Pelabuhan Belawan tempo doeloe. Foto: inaport1.co.id
DILIHAT dari sejarahnya, keberadaan pelabuhan laut Belawan, Medan, tidak terlepas dari kota Labuhan Deli (sekarang Kelurahan Pekan Labuhan). Meski pun Labuhan Deli sekarang hanya tinggal kenangan, tapi daerah ini sangatlah penting.

Sebab areal perairan yang berada persis di sekitar aliran Sungai Deli itu, merupakan cikal bakal lahirnya Pelabuhan Belawan yang dulunya merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Deli.

“Bandar itu sebutan dari masyarakat suku Melayu Deli yang artinya labuhan atau pelabuhan. Karena masa itu yang berkuasa adalah pemerintah Kerajaan Deli, maka pelabuhan tersebut dinamai Labuhan Deli atau Bandar Deli,” ujar Maliki, salah seorang warga masyarakat di utara kota Medan ini.

Bandar Labuhan Deli terletak di tepian Sungai Deli sebelah Utara atau sekitar 19,5 kilometer dari inti kota Medan. Konon kawasan Labuhan Deli berdiri di abad VII Masehi.

DILIHAT dari sejarahnya, keberadaan pelabuhan laut Belawan, Medan, tidak terlepas dari kota Labuhan Deli (sekarang Kelurahan Pekan Labuhan). Meski

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News