Tegakkan Stadium Awal Paliatif

Tidak Hanya untuk Yang Sudah Lanjut

Tegakkan Stadium Awal Paliatif
Tegakkan Stadium Awal Paliatif
PERAWATAN paliatif yang telah dianjurkan pelaksanaannya meningkatkan angka kedatangan pasien ke poli paliatif RSUD dr Soetomo. Sebagian besar ada pada stadium lanjut.

Menurut dr Agus Ali Fauzi PGD Pall Med, kepala instalasi poli tersebut, hal itu seharusnya tidak terjadi. Sebab, paliatif sejatinya bisa diterapkan sejak pasien ada pada stadium awal penyakit kronis yang dideritanya. "Artinya, kurang pas ini. Hendaknya terapi paliatif ditegakkan sejak pasien masuk stadium awal, bukan saat stadium lanjut," jelasnya.

Berkaca pada pernyataan WHO pada 2005 disebutkan bahwa pelaksanaan terapi paliatif itu diberikan selama awal diagnosis hingga proses dukacita. Agus menegaskan, fungsi paliatif penting selain tindakan kuratif yang dilakukan dokter spesialis. "Kalau dokter spesialis melakukan tindakan medis seperti operasi, posisi paliatif ini adalah untuk menyembuhkan rasa nyeri akibat proses operasi tersebut," jelasnya.

Umumnya, yang mendapat terapi itu adalah mereka yang memiliki riwayat penyakit kronis seperti kanker, HIV/AIDS, dan diabetes. Selain metode pengobatan, paliatif memberikan cara lain seperti penggunaan tanaman herbal, terapi musik, atau teknik akupunktur. "Itu namanya complementary therapy," paparnya.

PERAWATAN paliatif yang telah dianjurkan pelaksanaannya meningkatkan angka kedatangan pasien ke poli paliatif RSUD dr Soetomo. Sebagian besar ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News