Indonesia Dorong ASEAN Lebih Aktif Jaga Stabilitas Kawasan

Indonesia Dorong ASEAN Lebih Aktif Jaga Stabilitas Kawasan
Indonesia Dorong ASEAN Lebih Aktif Jaga Stabilitas Kawasan
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Marty Natalegawa menyatakan bahwa ada 4 isu yang menjadi perhatian negara-negara ASEAN terkait upaya menjaga stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia dan Pasifik. Dari empat isu itu, persoalan nuklir di Semenanjung Korea menjadi isu utama.

Hal itu disampaikan Marty saat berdialog dengan koresponden media asing di Foreign Correspondent’s Club of Thailand, Bangkok, Rabu (10/7). Pertemuan dengan koresponden asing tersebut dilakukan di sela-sela kunjungan dan pertemuan tahunan tingkat Menteri Luar Negeri dengan Laos dan Thailand.

Selain isu nuklir di Semenanjung Korea, tiga isu lainnya adalah klaim tumpang tindih atas wilayah, isu domestik sebuah negara yang memiliki dampak regional, serta hubungan bilateral antaranegara kunci di kawasan. Menurut Marty, ASEAN terus memainkan peran sentral dalam merespon keempat isu kawasan tersebut. Oleh karenanya, ASEAN tidak akan berdiam diri untuk mengatasi keempat isu yang bisa mengganggu stabilitas keamanan di kawasan Asia Pasifik.

"Dalam situasi regional dan global yang dinamis seperti saat ini, berdiam diri bukan lagi menjadi pilihan kebijakan bagi ASEAN," kata Marty melalui siaran pers, Rabu (10/7).

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Marty Natalegawa menyatakan bahwa ada 4 isu yang menjadi perhatian negara-negara ASEAN terkait upaya menjaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News