Pengungsi Aceh Mulai Kembali

BNPB Siapkan Mekanisme Bantuan Perbaikan Rumah

Pengungsi Aceh Mulai Kembali
Pengungsi Aceh Mulai Kembali
JAKARTA - Intensitas gempa susulan yang mulai menurun membuat sebagian kecil pengungsi mulai kembali ke rumahnya masing-masing. Terutama, pengungsi yang mendirikan tenda di pekarangan rumah. Saat ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan skema pemberian bantuan perbaikan rumah para pengungsi.

Data terakhir menunjukkan, jumlah pengungsi gempa Aceh mencapai 52.113 jiwa atau 12.301 KK. Terdiri dari 32.129 jiwa (7.267 KK) di Aceh Tengah dan 19.984 jiwa (5.034 KK) di Bener Meriah. Rata-rata, pengungsi yang kembali ke rumah adalah warga yang kediamannya hanya mengalami rusak ringan.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, saat ini sudah mulai tampak sejumlah warga yang memperbaiki rumahnya sendiri. Meski telah kembali ke rumah, mereka tetap mendapatkan bantuan logistik selama masa tanggap darurat. "Petugas kami mendatangi masing-masing korban untuk mendistribusikan bantuan," ujarnya, Kamis (11/7).

Kemudian, menindaklanjuti hasil rapat kabinet Senin (8/7) lalu, BNPB kini berupaya menuntaskan pendataan rumah yang rusak. Ditargetkan, hari ini pendataan rumah yang rusak bisa selesai dan tidak ada penambahan lagi. Pendataan tersebut untuk menghitung kebutuhan bantuan perbaikan rumah.

JAKARTA - Intensitas gempa susulan yang mulai menurun membuat sebagian kecil pengungsi mulai kembali ke rumahnya masing-masing. Terutama, pengungsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News