WHO Serukan Pembatasan Jemaah Haji

Antisipasi Penyebaran Virus MERS-CoV

WHO Serukan Pembatasan Jemaah Haji
WHO Serukan Pembatasan Jemaah Haji
ARAB SAUDI - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan pembatasan perjalanan haji musim ini ke Arab Saudi pasca-serangan virus mematikan Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV). Dalam sebuah pernyataan setelah menggelar sidang komite darurat, WHO menyampaikan keprihatinan dunia atas  virus MERS-CoV meskipun belum ada alasan untuk meningkatkannya ke level waspada.

Pertemuan darurat WHO itu terjadi di tengah meningkatnya kekhawatiran atas dampak potensial penyebaran coronavirus dari kegiatan musim haji tahunan pada Oktober mendatang, ketika jutaan orang akan menuju ke dua situs suci Islam di Mekkah dan Madinah. Proses ritual itu dikhawatirkanbakal menjadi sarana penyebaran MERS-CoV ke seluruh dunia.

"Ini adalah keputusan komite dalam situasi darurat," kata Keiji Fukuda, selaku Asisten Dirjen WHO untuk urusan Keamanan Kesehatan dan Lingkungan seperti dikutip AFP, Kamis (18/7)..

Karenanya WHO mengingatkan perlunya kewaspadaan dan pemantauan pola infeksi saluran pernafasan yang tidak biasa, terutama bagi pasien yang sebelumnya berkunjung ke Timur Tengah. WHO juga akan membantu negara-negara dalam meningkatkan pengawasan, kapasitas laboratorium dan menginformasikan ke publik tentang cara mengurangi risiko infeksi.

ARAB SAUDI - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan pembatasan perjalanan haji musim ini ke Arab Saudi pasca-serangan virus mematikan Middle

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News