Digelontor Cabai, Harga Turun

Digelontor Cabai, Harga Turun
Digelontor Cabai, Harga Turun
SURABAYA-Operasi pasar diklaim dapat menurunkan harga komoditas yang tengah melonjak. Seperti yang dilakukan Bulog Divre Jatim bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Jatim menggelar operasi pasar untuk cabai rawit.

Kepala Disperindag Jatim Budi Setiawan mengatakan operasi pasar yang digelar untuk komoditas cabai bersifat sementara. Artinya, ketika harga tinggi, pasar digerojok dengan cabai rawit dengan harga lebih rendah daripada harga pasaran. Kemudian, setelah harga bergerak turun, kegiatan operasi pasar dihentikan.

"Saat ini operasi pasar untuk cabai hit and run, jadi ketika harga naik, diadakan operasi pasar, sedangkan ketika sudah turun dibiarkan. Harga cabai pada Sabtu, Minggu dan Senin kemarin bergerak turun. Bahkan kalau dibanding sebelum-sebelumnya penurunannya signifikan," katanya kemarin (18/7).

Beberapa minggu terakhir harga cabai berada di puncak yakni mencapai Rp 70.000 per kg. Kemudian, setelah dilakukan operasi pasar merambat turun hingga Rp 44.000 per kg. Saat turun, operasi pasar ditiadakan. Setelah itu pasar tetap dibiarkan sampai harga naik lagi di kisaran Rp 46.000. "Nah sekarang harga cabai Rp 53.000 per kg," katanya.

SURABAYA-Operasi pasar diklaim dapat menurunkan harga komoditas yang tengah melonjak. Seperti yang dilakukan Bulog Divre Jatim bekerja sama dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News