Kriteria Tidak Baku, BLSM Banyak Yang Nyasar

Kriteria Tidak Baku, BLSM Banyak Yang Nyasar
Kriteria Tidak Baku, BLSM Banyak Yang Nyasar
JAKARTA -  Tidak ada kriteria baku untuk penerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM). Pemerintah hanya isyarakat bahwa penerima BLSM adalah warga miskin dan rentan miskin. Sayangnya, definisi miskin sendiri tidak dijelaskan lebih rinci sehingga banyak kalangan yang merasa BLSM tidak tepat sasaran.

"Tidak ada kriteria baku memang," ujar Sri Kusumastuti rahayu, Ketua Pokja Pengendali Klaster I Program Bantuan Sosial TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, red), di Jakarta, kemarin (18/7).

Sebab, lanjutnya, kriteria tersebut akan disesuaikan untuk tiap masing-masing rumah tangga dan tiap daerah. Sehingga, antara setiap daerah yang satu dengan yang lain memiliki kriteria warga miskin yang berbeda-beda.

Ia memberi contoh, misalnya untuk wilayah DKI dan sekitarnya. Memilliki handphone atau sepeda motor tidak akan bisa dijadikan patokan untuk menentukan seseorang miskin atau kaya. Pasalnya, nyaris dari semua warga memiliki dua barang tersebut. Beda halnya jika dibandingkan dengan daerah terpencil lainnya.

JAKARTA -  Tidak ada kriteria baku untuk penerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM). Pemerintah hanya isyarakat bahwa penerima BLSM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News