Bencana Way Ela, Sekolah Diliburkan

Bencana Way Ela, Sekolah Diliburkan
Bencana Way Ela, Sekolah Diliburkan

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bencana jebolnya sebagian waduk Way Ela di Maluku Tengah menimbulkan dampak kerusakan cukup parah.

Data sementara mencatat sebanyak 470 unit rumah hilang tersapu air bah yang ketinggian hingga lebih 10 meter di dekat sungai. Bangunan umum lain yang hilang adalah 3 unit SD, 1 TK, 1 SMA, 1 taman pengajian, 1 jembatan, 2 mushola, 1 KUD, 1 puskesmas, 2 sarana air bersih, dan 1 tower telkomsel.

"Status Way Ela tanggap darurat bencana. Sehingga sekolah diliburkan. Tenda pengungsian BNPB akan digunakan untuk sekolah darurat," kata Sutopo, Jumat (26/7).

Menurutnya semua barang dan perabotan pengungsi telah hilang hanyut oleh banjir. Kebutuhan yang diperlukan adalah tenda keluarga, tenda pengungsi, selimut, matras, sandang, permakanan, peralatan dapur, sarung, mukena.

Kondisi di pengungsian hampir tiap hari hujan deras karena bulan Juli adalah puncak musim penghujan di Maluku. Anomali suhu muka air laut yang lebih hangat menyebabkan hujan deras. Sehingga cuaca demikian akan berpengaruh pada pengungsi.

"Jumlah pengungsi 5.233 jiwa yang tersebar di Latan (4.287 jiwa) dan Patoi (946 jiwa). Sekolah diliburkan. Tenda pengungsian BNPB akan digunakan untuk sekolah darurat," pungkasnya.(Fat/jpnn)


JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bencana jebolnya sebagian waduk Way Ela di Maluku Tengah menimbulkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News