Sony dan Panasonic Kembangkan Cakram Digital 1,5 TB

Sony dan Panasonic Kembangkan Cakram Digital 1,5 TB
Foto: Guardian

jpnn.com - TOKYO - Raksasa teknologi asal Jepang, Sony dan Panasonic sepakat mengembangkan format penyimpanan berbasis cakram yang mampu memuat data sampai 300 GB per keping. Kapasitas tersebut 12 kali kemampuan muat Blu-Ray yang hanya 25 GB (single layer), atau hampir 64 kali lipat kapasitas DVD yang hanya 4,7 GB per keping.

Format baru penyimpanan dengan media cakram itu diharapkan mulai bisa dipasarkan secara luas mulai 2015. Seperti dirilis Softpedia, Senin (29/7), standar penyimpanan yang belum diberi nama itu masih mampu dikembangkan lebih lanjut hingga memuat data mencapai 1,5 TB per keping.

Menurut Softpedia, Rencana Sony dan Panasonic tergolong berani sebab keping cakram dikenal sangat rentan mengalami kerusakan akibat tak tahan pada benda cair atau lingkungan ekstrim. Tak heran, vendor terkenal seperti Apple sudah beberapa tahun ini memilih menambah kapasitas hardisk di produk-produknya dibanding melengkapinya dengan DVD atau Blu-Ray.

Makin murahnya harga flash disk dan hardisk berbasis chip (solid state drive/SSD) diprediksi bakal menjadi pesaing utama keping cakram format baru Sony dan Panasonic. Tantangan lain datang dari komputasi awan (iCloud), yang membuat pengguna tak terlalu membutuhkan kapasitas penyimpanan besar sebab telah disediakan oleh penyedia layanan. (pra/jpnn)


TOKYO - Raksasa teknologi asal Jepang, Sony dan Panasonic sepakat mengembangkan format penyimpanan berbasis cakram yang mampu memuat data sampai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News