Ilmuwan China Bikin Gigi dari Air Kencing

Ilmuwan China Bikin Gigi dari Air Kencing
Ilmuwan China Bikin Gigi dari Air Kencing

jpnn.com - BEIJING - Bukan sulap, bukan sihir. Percaya atau tidak, air seni atau urin ternyata dapat menumbuhkan gigi manusia. Hal ini didapat dari hasil penemuan ilmuwan yang dipublikasikan dalam Cell Regeneration Journal baru-baru ini.

Para ilmuwan menunjukkan bahwa urin dapat digunakan sebagai sumber sel induk yang pada gilirannya dapat berkembang menjadi struktur gigi baru. Temuan ilmuwan Tiongkok ini diharapkan dapat dikembangkan menjadi cara untuk menggantikan gigi yang copot.

Namun, para peneliti sel induk lainnya mengingatkan hal itu menghadapi banyak tantangan. Pasalnya, menggunakan sumber yang tidak lazim.

Laman BBC menyebutkan, tim peneliti di seluruh dunia kini sedang mencari cara agar dapat menumbuhkan gigi baru untuk menggantikan gigi yang hilang karena faktor usia dan kesehatan gigi yang buruk. Kelompok ilmuwan Guangzhou Institutes of Biomedicine and Health,  menggunakan urin sebagai titik awal. Sel yang biasanya dikeluarkan dari tubuh, seperti yang berasal dari lapisan cairan tubuh, dipanen di laboratorium. Sel-sel yang terkumpul selanjutnya dikondisikan sedemikian rupa sehingga menjadi sel induk.

Campuran sel-sel dan bahan lain lantas ditanamkan ke hewan. Setelah tiga minggu, ternyata sebuah bundel sel mulai menyerupai gigi, dengan bagian pulpa, dentin, ruang enamel dan organ enamelnya.

"Namun, "gigi" ini tidak sekeras gigi alami. Paling tidak, bisa dilakukan studi lebih lanjut dalam upaya regenerasi gigi manusia untuk terapi klinis," ujar para peneliti di Tiongkok.

Sementara seorang ilmuwan sel induk di University College London, Prof Chris Mason, mengatakan,  urin adalah titik awal yang buruk. "Ini mungkin salah satu sumber terburuk, ada sangat sedikit sel di tempat pertama dan efisiensi mengubahnya menjadi sel induk sangat rendah," ujarnya.

Dia juga mengingatkan terjadi risiko kontaminasi, seperti melalui bakteri, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sumber-sumber lain dari sel. (esy/jpnn)


BEIJING - Bukan sulap, bukan sihir. Percaya atau tidak, air seni atau urin ternyata dapat menumbuhkan gigi manusia. Hal ini didapat dari hasil penemuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News