Ini Tips Sehat Mudik Lebaran

Ini Tips Sehat Mudik Lebaran
Ini Tips Sehat Mudik Lebaran

jpnn.com - MUDIK sudah menjadi  budaya bagi masyarakat kita khususnya menjelang lebaran ini. Tujuan dari mudik sendiri adalah bersilaturahmi bertemu keluarga besar dan kawan lama yang telah lama tidak berjumpa.

Oleh karena itu, menurut Dr.dr. H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB, FINASIM,FACP, perjalanan mudik harus dipersiapkan dengan baik agar saat di tempat tujuan tetap dalam keadaan sehat.

"Kelelahan merupakan kondisi yang umum terjadi jika kita melakukan perjalanan darat yang panjang dan lama.," ujar Staf Departemen Ilmu penyakit Dalam FKUI-RSCM itu, kepada wartawan, Selasa (30/7).


Kelelahan, menurut  Wakil Ketua  PB.PAPDI, berhubungan dengan penurunan daya tahan tubuh dan akhirnya membuat tubuh kita mudah terinfeksi oleh kuman atau virus terutama bakteri dan virus penyebab penyakit infeksi usus (diare) dan penyakit infeksi saluran pernafasan atas (flu, batuk pilek dan sakit tenggorokan).

Ari menyodorkan 11 tips mudik agar terhindar dari penyakit:

1.     Istirahat cukup sebelum berangkat  terutama bagi pemudik yang menggunakan jalan darat, mengingat waktu sampai ketempat tujuan tidak bisa diprediksi.

2.     Bagi pemudik yang memang kebetulan membawa kendaraan sendiri, sebaiknya ada beberapa anggota keluarga yang siap membawa kendaraan secara bergantian.

3.     Manfaatkan tempat istirahat untuk bisa melakukan olah raga kecil dan bisa melakukan gerakan relaksasi khususnya kaki, tangan dan leher.

MUDIK sudah menjadi  budaya bagi masyarakat kita khususnya menjelang lebaran ini. Tujuan dari mudik sendiri adalah bersilaturahmi bertemu keluarga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News