Diet Vs Olahraga: Mana yang Lebih Penting?

Diet Vs Olahraga: Mana yang Lebih Penting?
Foto: Daily Telegraph

jpnn.com - IDEALNYA  semua orang ingin bisa berolahraga cukup dan makan dengan benar. Tetapi, terkadang keingina itu sulit terwujud.

Lantas, mana yang lebih penting, diet atau berolahraga? Menurut para ahli, hal itu tergantung pada kebutuhan tubuh.

Jika ingin meningkatkan energi, maka olahraga lebih penting. Dari sekitar 70 penelitian, terungkap bahwa orang yang berolahraga secara teratur mengalami peningkatan energi.

"Berolahraga membuat otak mengalirkan zat menyegarkan seperti dopamin dan norepinefrin," kata psikolog olah raga di University of Georgia, Patrick O’Connor, PhD, seperti dilansir laman Bubblews, Rabu (31/7).

Selain itu, olahraga lebih bisa diandalkan dalam mencegah diabetes. Hampir 10 juta wanita di Amerika Serikat mengidap diabetes.

Mendapatkan berat badan yang ideal melalui diet dan olahraga adalah pertahanan terkuat melawan diabetes. Namun, aktivitas fisik memiliki sedikit keunggulan karena otot yang aktif akan mengambil glukosa dari darah untuk bahan bakar, sehingga membantu menjaga tingkat gula darah tetap stabil.

Keunggulan lain dari olahraga dibanding diet adalah dalam hal meningkatkan suasana hati.  Menurut sebuah penelitian University of Vermont, olahraga selama 20 menit sudah cukup untuk meningkatkan suasana hati hingga selama 12 jam.

Olahraga juga bisa menjadi seefektif pengobatan untuk mengatasi depresi pada sebagian orang. Yang tak kalah penting, olahraga bisa membawa perubahan di dalam otak sehingga lebih mudah untuk menangkal stres.

IDEALNYA  semua orang ingin bisa berolahraga cukup dan makan dengan benar. Tetapi, terkadang keingina itu sulit terwujud. Lantas, mana yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News