Amien Rais Minta Jokowi Jangan Nyapres

Amien Rais Minta Jokowi Jangan Nyapres
Amien Rais Minta Jokowi Jangan Nyapres

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menilai Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo belum pantas maju sebagai calon presiden (capres) pada pemilu 2014. Pasalnya, gubernur yang akrab disapa Jokowi itu masih memiliki tanggung jawab memimpin ibu kota sampai 2017 mendatang.

"Pak Jokowi itu disumpah lewat sumpah jabatan, bertugas selama 5 tahun sebagai gubernur. Kalau baru 2 tahun, karena desakan rakyat, kemudian dia loncat sebagai presiden, bagaimana dengan amanat?," ujar Amien Rais di Hall A Basket, GBK Senayan, Jakarta, Sabtu (3/8).

Mantan Ketua MPR ini berpesan agar Jokowi tidak terbuai dengan berbagai hasil survei yang menempatkan dirinya sebagai capres favorit. Pasalnya, peta politik dan opini publik dapat berubah cepat menjelang pemilu.

Hasil survei tidak menjamin Jokowi pasti terpilih pada 2014. Amien mencontohkan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang juga digadang-gadang akan maju sebagai calon presiden, Prabowo Subianto. Mantan Danjen Kopassus itu sebelumnya difavoritkan sebagai capres oleh berbagai survei. Namun, sekarang elektabilitasnya kalah oleh Jokowi.

Oleh karenanya Amien meminta Jokowi untuk fokus menjalankan tugasnya memimpin ibu kota. Selain tidak mengkhianati amanat warganya, Jokowi juga dapat semakin meningkatkan elektabilitas untuk Pilpres 2019. Dengan catatan, mantan Wali Kota Surakarta itu dapat merealisasikan program-programnya.

"Saya kira nanti orang akan berbondong-bondong akan memilih dia," tandas Amien. (chi/jpnn)


Berita Selanjutnya:
PU Tetap Buka 3 Fly Over

JAKARTA - Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menilai Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo belum pantas maju sebagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News