Alasan Menkumham Soal Gayus Terima Remisi

Alasan Menkumham Soal Gayus Terima Remisi
Menkumham Amir Syamsudin saat Menggelar Konfrensi Pers. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Terpidana kasus mafia pajak dan korupsi Gayus Tambunan menerima remisi pada saat hari raya Idul Fitri meskipun dia bukanlah termasuk Justice Collaborator.

 

Justice Collaborator menjadi syarat seseorang mendapat remisi sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 tentang Pengetatan Remisi bagi terpidana kasus korupsi, narkotika dan terorisme.

 

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin angkat bicara soal pemberian remisi terhadap Gayus. Ia menduga remisi itu diterima Gayus dalam kasus yang sudah berkekuatan hukum tetap.

"Gayus ini ada beberapa perkara yang menyangkut dirinya. Mungkin dia peroleh remisi dalam perkara yang sudah berkekuatan hukum pasti sebelum adanya PP Nomor 99," ujar Amir di rumah dinasnya, Jakarta, Kamis (8/8).

Amir tak memungkiri ada beberapa tindakan Gayus yang melanggar. Meski begitu menurut dia, Gayus sudah mendapatkan hukuman yang semestinya.

"Saya kira dia sudah mendapat sanksi-sanksi yang seharusnya dia dapatkan," kata Amir yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat.

JAKARTA - Terpidana kasus mafia pajak dan korupsi Gayus Tambunan menerima remisi pada saat hari raya Idul Fitri meskipun dia bukanlah termasuk Justice

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News