Kalkulkasi Tim yang Susul PSPS Terdegradasi

Kalkulkasi Tim yang Susul PSPS Terdegradasi
Kalkulkasi Tim yang Susul PSPS Terdegradasi

jpnn.com - JAKARTA - Selain gelar runner up, Indonesia Super League (ISL) juga masih diramaikan dengan perebutan lolos dari zona degradasi.

Hingga kini baru PSPS Pekanbaru yang dipastikan terdegradasi. Berada di urutan buncit dari 18 peserta, PSPS hanya mengoleksi 17 poin dari 30 pertandingan. Krisis finansial yang berujung pada hengkangnya pilar utama membuat PSPS gagal meraih satu pun poin di putaran.

Selain PSPS Pekanbaru tim yang paling berpeluang terjerembab di zona degradasi adalah Persidafon Dafonsoro. Hingga pertandingan ke-30, tim asal Papua itu baru mengoleksi 26 poin. Menyisakan 4 laga, Persidafon terpaut 4 angka dari zona playoff yang ditempati Persiwa Wamena.

Peluang Persidafon untuk meraup poin di 4 laga sisa cukup berat karena dua di antaranya melawan tim papan atas, yakni Persib Bandung pada 20 Agustus (tandang) dan Arema Indonesia di tanggal 3 September (kandang). Paling realistis, Persidafon baru bisa meraih poin maksimal saat bertandang ke Persita pada 25 Agustus, dan saat menjamu Gresik United di tanggal 7 September.


Tim lain yang diprediksi turun kasta musim depan adalah Pelita Bandung Raya (PBR). Punya poin sama dengan Persidafon, PBR sedikit diuntungkan karena masih menyisakan 6 laga. Hanya saja upaya PBR untuk meraih poin di 6 laga itu sangat berat karena 4 di antaranya bersatus laga tandang, yakni PSPS Pekanbaru pada 20 Agustus, Persija Jakarta 31 Agustus, Barito Putera 3 September dan Persiba Balikpapan 7 September.

Dua laga PBR lainnya akan digelar di Bandung, yakni Persisam Samarinda pada 25 Agustus dan Mitra Kukar 3 hari kemudian.

Tim Papua lainnya, Persiwa Wamena juga diprediksi turun kasta. Tim berjuluk Badai Pegunungan itu tak tangguh lagi di kandang sehingga untuk sementara berada di posisi 15 atau playoff dengan nilai 30 dari 30 pertandingan.

Empat laga sisa Persiwa juga tidak mudah karena dua di antaranya, Persepam MU pada 23 Agustus dan Persela 27 Agustus digelar di kandang lawan. Sementara dua pertandingan kandang juga tidak karena Persiwa harus menghadapi Persita 3 September dan Persib 7 September.

JAKARTA - Selain gelar runner up, Indonesia Super League (ISL) juga masih diramaikan dengan perebutan lolos dari zona degradasi. Hingga kini baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News