Kucuran Dana Emirates di Pentas Sepak Bola Dunia

Setahun Gelontorkan Rp 2,7 Triliun

Kucuran Dana Emirates di Pentas Sepak Bola Dunia
Kucuran Dana Emirates di Pentas Sepak Bola Dunia

jpnn.com - Industri sepak bola tak bisa dipisahkan dari sponsorship. Saat ini Emirates boleh dibilang menahbiskan diri sebagai penyokong finansial terbesar, baik kepada sejumlah klub top Eropa sampai FIFA untuk Piala Dunia.

= = = = = = = = = = = = = = =

SETELAH mengumumkan kesepakatan sebagai sponsor jersey Real Madrid pada 1 Juni lalu, Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum mengatakan bahwa Emirates akan memperluas sponsorship mereka tidak hanya di klub Eropa. Bagaimana tidak, Real menjadi klub raksasa Eropa keenam yang menerima kucuran dana maskapai penerbangan asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menyusul Arsenal (Inggris), PSG (Prancis), Hamburger SV (Jerman), Olympiacos (Yunani), dan AC Milan (Italia).

Sim salabim, pernyataan Sheikh Ahmed yang notabene chief executive officer (CEO) sekaligus chairman Emirates itu terealisasi hanya tiga hari berselang (4/6). Emirates menjadi sponsor jersey New York Cosmos (NYC), klub North American Soccer League atau kompetisi kasta kedua di AS.

NYC memang tidak sebesar dan setenar enam klub Eropa yang telah disponsori Emirates. Namun, NYC memiliki nama-nama besar dan tenar di jajaran manajemen. Di antaranya Pele (presiden kehormatan), Eric Cantona (direktur sepak bola) beserta deputinya, dan mantan bintang AS Cobi Jones.

Alasan lainnya sederhana, NYC adalah klub Amrik dan ber-home ground di kota yang disebut sebagai ibu kotanya dunia, New York City. Itu sesuai dengan misi Emirates yang eksis di kota-kota besar seantero dunia sebagai strategi bisnis paling efektif.

"Brand sponsorship kami sudah ada di klub yang berada di kota-kota besar di Eropa. Dan, saya melihat kemungkinan untuk kota-kota besar lain di luar Eropa setelah New York," tutur Sheikh Ahmed sebagaimana dilansir Associated Press.

Langkah Emirates jelas bukan buang-buang uang. Sponsorship telah jadi bagian maskapai terbaik dunia 2013 di ajang Skytrax World Airline Awards itu sejak 1987 atau dua tahun setelah perusahaan berdiri. Hasilnya, Emirates selalu meraih profit dalam 25 tahun terakhir.

Industri sepak bola tak bisa dipisahkan dari sponsorship. Saat ini Emirates boleh dibilang menahbiskan diri sebagai penyokong finansial terbesar,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News