Insiden di Lamongan, Warga Rusak Rumah Anggota FPI

Insiden di Lamongan, Warga Rusak Rumah Anggota FPI
Insiden di Lamongan, Warga Rusak Rumah Anggota FPI

jpnn.com - SURABAYA - Penyelidikan terhadap bentrokan antara FPI dan warga di Paciran, Lamongan, Jawa Timur, Senin dini hari (12/8) terus bergulir. Berdasar pemeriksaan, polisi kembali menetapkan seorang tersangka dari pihak warga. Dia adalah Farid Yudianto, warga Sumur Gayam, Paciran, Lamongan.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Awi Setiyono menjelaskan, Farid dijadikan tersangka pada Selasa (13/8) pukul 19.00. Pemuda 24 tahun itu dianggap terbukti terlibat dalam insiden tersebut.

Farid ikut menyerang rumah Zen alias Kaya pada Minggu (11/8) pukul 23.30. Dalam aksi itu dia juga terlibat penganiayaan yang menyebabkan istri Zen, Sundari, terluka bacok di kedua lengan dan punggungnya. "Dia (Farid Yudianto, Red) langsung dimasukkan ke tahanan," kata Awi, Rabu (14/8).

Itu berarti sudah enam warga yang menjadi tersangka dalam insiden tersebut. Adapun tiga warga yang sempat diamankan ke Polda Jatim diperbolehkan pulang. Mereka adalah Adi Susanto, 29; Nur Yakin, 40, dan Zen Fikri, 20.

Di sisi lain, polisi masih mengejar pelaku dari pihak FPI. Sejauh ini ada tiga orang dinyatakan buron. Mereka bernama Viki alias Gondok, Zen alias Kaya, dan seorang lagi yang belum diketahui identitasnya. Tiga orang inilah yang pertama menyerang rumah Eko di Dusun Gowa, Kelurahan Blimbing, Paciran, pada Kamis dini hari (8/8).

Tiga orang yang tengah bermain PlayStation (PS) di rumah tersebut menjadi korban. Mereka adalah Zainul Efendi, Agus Langgeng, dan Sampurno. "Setelah kejadian itu mereka melarikan diri. Sekarang masih buron," ungkap Awi. Upaya mencari ketiganya diserahkan ke Polres Lamongan.

Petugas memperkirakan ketiga pelaku lari ke luar Lamongan. Polda Jatim pun telah memerintahkan jajarannya untuk ikut mencari jejak pelaku. Namun, Awi mengimbau agar Viki cs sebaiknya menyerahkan diri. Sebab, tindakan tersebut bisa menjadi pertimbangan dalam proses di pengadilan.

Sementara itu, kekhawatiran polisi terkait bentrok anggota FPI dengan warga bakal berbuntut mulai terbukti. Setidaknya, indikasi itu terlihat dari perusakan terhadap rumah Suwito, 50, warga Jalan Trunojoyo, Kelurahan/Kecamatan Brondong.

SURABAYA - Penyelidikan terhadap bentrokan antara FPI dan warga di Paciran, Lamongan, Jawa Timur, Senin dini hari (12/8) terus bergulir. Berdasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News