Jembatan Kontroversial Diresmikan, Kota Dresden Dicoret UNESCO

Jembatan Kontroversial Diresmikan, Kota Dresden Dicoret UNESCO
Jembatan Kontroversial Diresmikan, Kota Dresden Dicoret UNESCO

jpnn.com - DRESDEN---Sebuah jembatan kontroversial yang membuat Kota Dresden, Jerman, dikeluarkan dari daftar warisan budaya dunia  UNESCO, akhirnya diresmikan.

Jembatan dengan struktur empat jalur yang membentang di atas Sungai Elbe ini diresmikan pada Sabtu (24/8) dan akan terbuka untuk lalu lintas kendaraan pada Senin (26/8).

Menurut BBC (24/8), Dresden adalah situs Kota Eropa pertama yang pernah dikeluarkan dari daftar UNESCO sebagai pernyataan protes atas pembangunan jembatan ini. Pasalnya, jembatan ini merusak pemandangan megah istana bergaya barok di kota itu.

Pembangunan jembatan itu menghabiskan biaya sebesar 182 juta Euro atau sekitar Rp 2,6 triliun. Pembuatan konstruksi untuk jembatan ini telah disetujui dalam referendum lokal pada 2005, dengan lebih dari dua-pertiga pemilih Dresden memberikan dukungan mereka.

Jembatan ini dinilai keterlaluan oleh UNESCO, yang memiliki 981 Situs Warisan Dunia, mulai dari Great Barrier Reef di Australia, Air Terjun Victoria di perbatasan Zimbabwe dan Zambia.

Menurutnya, jembatan itu sendiri terlihat tidak seperti jembatan fungsional lain yang banyak dijumpai di seluruh dunia. Tetapi, jembatan ini berdiri di tengah panorama tepian Sungai Elbe yang bersejarah, lengkap dengan istana-istana dan gerejanya.

Karena itu, Dresden kemudian dikeluarkan dari daftar itu pada 2009 sebagai protes. Organisasi lingkungan juga meluncurkan proses hukum untuk menghentikan pembangunan jembatan ini, tetapi tidak berhasil. (esy/jpnn)

 


DRESDEN---Sebuah jembatan kontroversial yang membuat Kota Dresden, Jerman, dikeluarkan dari daftar warisan budaya dunia  UNESCO, akhirnya diresmikan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News