Ribuan Siswa Belum Tersentuh Bantuan

Ribuan Siswa Belum Tersentuh Bantuan
Ribuan Siswa Belum Tersentuh Bantuan

jpnn.com - CIMAHI-Sesuai data yang dikeluarkan oleh tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K), tercatat sebanyak 22.551 siswa di Kota Cimahi masih terkendala soal pendidikannya karena tercatat sebagai warga miskin.

 

Meskipun pemerintah sudah menggulirkan program bantuan siswa miskin (BSM) pada 17.556 siswa, namun masih ada sekitar 1.268 siswa yang berasal dari semua jenjang sekolah belum tersentuh oleh bantuan tersebut.

Kepala Seksi Kesiswaan pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Cimahi, Ervin Narto mengakui, bahwa dana BSM yang digulirkan oleh pemerintah pusat dalam rangka mengentaskan kemiskinan terhadap para siswa miskin di Kota Cimahi belum tersentuh seluruhnya oleh pemerintah.

"Karena bantuan tidak sampai menyentuh semua siswa miskin, Disdik akhirnya mendapatkan bantuan melalui program pemkot yang memberikan bantuan transit yang berasal dari walikota sehingga jumlah siswa miskin di Kota Cimahi dapat dikurangi, "ujar Ervin saat ditemui di ruang kerjannya, Selasa (27/8).

Diterangkannya, bantuan dana yang berasal dari wali kota tersebut diserahkan kepada 5.727 siswa yang belum tersentuh program BSM yang masing-masing siswa mendapatkan Rp700.000 per tahunnya. Hingga pertengahan bulan Agustus ini, data siswa miskin di Cimahi masih ada sekitar 1.268 siswa yang hingga kini belum tersentuh bantuan baik itu yang berasal dari BSM maupun bantuan dari walikota.

Masih adanya siswa yang belum mendapatkan bantuan ini disebabkan oleh kuota siswa penerima dana BSM ini merupakan hasil pendataan langsung dari pemerintah pusat. Begitu pula dengan mekanisme pemberian dana tersebut. Sehingga kata dia, harap dimaklumi karena masih banyaknya siswa yang belum mendapati bantuan tersebut.

"Ada beberapa diantaranya siswa yang mendapatkan bantuan padahal taraf ekonominya mencukupi, tentunya kami akan melakukan tindakan terkait hal itu,"katanya.

CIMAHI-Sesuai data yang dikeluarkan oleh tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K), tercatat sebanyak 22.551 siswa di Kota Cimahi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News