SBY Buka Pameran RITech

SBY Buka Pameran RITech
SBY Buka Pameran RITech

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi membuka Pameran Research, Innovation, and Technology (RITech) 2013 di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (29/8). Pameran yang berlangsung selama 29 Agustus-1 Sepetember ini digelar untuk memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-18.

Dalam sambutannya, Presiden SBY mendukung penuh tema Hakteknas kali ini, yaitu 'Inovasi untuk Kemajuan Bangsa'

"Itu sumber dan daya dorong bagi kemajuan dan pertumbuhan bangsa kita. Mari kita aplikasikan dalam upaya pengembangan teknologi di Indonesia," kata Presiden dalam sambutannya.

Pada kesempatan ini, Presiden SBY mengingatkan kembali soal kebijakan modernisiasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) Indonesia. Hal ini tak lepas dari inovasi teknologi modern.

"Kalau bisa diproduksi di dalam negeri, wajib hukumnya untuk menggunakan produksi kita sendiri. Kalau tidak bisa, dimungkinkan dari luar negeri, tapi harus dengan skema yang baik," tegas Presiden.

Sementara itu, Menristek Gusti Muhammad Hatta menjelaskan tema 'Inovasi untuk Kemajuan Bangsa' untuk menyadarkan bangsa bahwa penelitian dan pengembangan iptek harus bertumpu pada kebutuhan nyata masyarakat. Ia berharap pengembangan iptek terus dilakukan sesuai dengan kreativitas yang berkembang di masyarakat.

"Ini akan meningkatkan daya saing bangsa secara berkelanjutan," kata Gusti.

Pada peringatan tahun ini, lanjut Menristek, perhatian ditujukan secara khusus pada iptek untuk perlindungan bangsa dalam bentuk dukungan riset terhadap peningkatan pertahanan dan keamanan negara.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi membuka Pameran Research, Innovation, and Technology (RITech) 2013 di Gedung Sasono Utomo, Taman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News