Roche Rebut Maillot Rojo

Roche Rebut Maillot Rojo
Roche Rebut Maillot Rojo

ALTO PENAS BLANCAS – Jalur tanjakan di akhir etape kedelapan terbukti cukup ampuh memberikan perubahan di papan atas general classification Vuelta a Espana 2013. Pembalap Astana Vincenzo Nibali tak kuasa mempertahankan posisinya di puncak. Dia malah melorot ke posisi keempat.

    

Etape kedelapan diakhiri dengan tanjakan kategori 1 sepanjang 16 km. Dengan kemiringan rata-rata 7 persen, etape tersebut menjadi milik para climber. Pada awalnya, Nibali cukup aman dengan selalu bertahan di peloton dan membuntuti para rivalnya.

    

Hingga pada 10 km terakhir, beberapa pembalap mulai mencoba melepaskan diri. Pembalap Euskaltel-Euskadi Igor Anton melakukan breakaway saat lomba menyisakan 4,5 kilometer. Sempat unggul hingga 13 detik, Anton terkejar oleh rombongan breakaway berikutnya yang dipimpin oleh Leopold Konig (NetApp-Endura) saat lomba memasuki 1,5 km terakhir.

    

Begitu mampu menyusul Anton, Konig tak mengendurkan kayuhannya. Dia terus mengambil inisiatif untuk memimpin lomba. Kilometer terakhir pun benar-benar menjadi milik pembalap asal Republik Ceko itu. Hingga akhirnya Konig menang dan unggul satu detik dari Daniel Moreno (Katusha) dan 5 detik dari Nicolas Roche (Saxo-Tinkoff).

    

ALTO PENAS BLANCAS – Jalur tanjakan di akhir etape kedelapan terbukti cukup ampuh memberikan perubahan di papan atas general classification

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News