Lisrel UNRI Prediksi Pilgubri Dua Putaran

Lisrel UNRI Prediksi Pilgubri Dua Putaran
Lisrel UNRI Prediksi Pilgubri Dua Putaran

jpnn.com - JAKARTA - Peneliti dari Lisrel Universitas Riau (UNRI) memprediksi pemilihan umum Gubernur Riau bakal berlangsung dua putaran. Hal ini didasarkan pada hasil laporan Quick Count (QC) Lisrel Unri di Laboratorium Statistik Terapan Jurusan Matematika FMIPA UNRI.

Ketuai Lisrel UNRI, Arisman Adnan didampingi peneliti lainnya M Saeri, Ahmad Jamaan, dan Andre, mengatakan, prediksi Pilgubri dua putaran disimpulkan dari hasil quick count yang menunjukkan tidak ada pasangan calon yang meraih suaraa di atas 30 persen.

"Kita prediksi Pilgubri dua putaran," kata Arisman Adnam PhD dalam jumpa pers di Pekanbaru Jumat petang (6/9).

Dari hasil penelitian para peneliti Unri ini sampai Jumat 6 September 2013 pukul 11.30 WIB, data TPS masuk mencapai 1.098 TPS (100 persen). Nah, hasilnya diketahui perolehan suara terbanyak dikantongi pasangaan Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman 27,5 persen.

Menyusul di posisi kedua pasangan Drs H Herman Abdullah MM-dr Agus Widayat MM 24,0 persen, posisi ketiga Drs Achmad MSi-Masrul Kasmy 20,5 persen, posisi keempat Jon Erizal-Mambang Mit 14,2 persen, dan posisi kelima pasangan Ir Lukman Edy-Suryadi Khusaini 13,8 persen.

Dijelaskan juga populasi TPS se Provinsi Riau sebanyak 11.699. Jumlah sampel TPS quick count sebanyak 8,54 persen (n=1.000 TPS) dengan Margin 0f Error lebih kurang 1,5 persen.

TPS sampel QC sebanyak 1.000 diambil secara sistematik random sampling dengan menyusun secara berurutan seluruh TPS yang ada di Provinsi Riau terlebih dahulu, sehingga dengan metode ini TPS sampel QC terdistribusi secara merata dan proporsional di seluruh wilayah kabupaten/kota.

Tim Quick Count Lisrel untuk Pilgub Provinsi Riau 2013 terdiri dari 12 personel yang stand by di Pekanbaru dan 12 personel yang stand mengumpulkan data di 12 kabupaten/kota.(azf/fat/jpnn)


JAKARTA - Peneliti dari Lisrel Universitas Riau (UNRI) memprediksi pemilihan umum Gubernur Riau bakal berlangsung dua putaran. Hal ini didasarkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News