Kenali Gejala Gagal Jantung Secepatnya

Kenali Gejala Gagal Jantung Secepatnya
Kenali Gejala Gagal Jantung Secepatnya

jpnn.com - Gagal jantung (Heart Failure/HF), juga disebut sebagai gagal jantung kongestif, terjadi ketika jantung kehilangan kemampuan untuk mempertahankan aliran darah.

"Sebagian besar tanda-tanda gagal jantung terjadi sebagai akibat dari pasokan oksigen yang tidak memadai ke jaringan tubuh," kata perwakilan mayo clinic, seperti yang dilansir laman Post Jagran, Minggu (8/9).

Agar tidak terlambat, harusnya Anda bisa mengenali sendiri gejala-gejala dalam tubuh jika mengalami kelainan penyakit jantung. Berikut gejala-gejala gagal jantung parah:

1.Sesak Nafas (Dyspnea)

Mereka yang memiliki risiko gagal jantung parah mungkin merasa kehabisan napas setelah melakukan suatu aktivitas. Kesulitan bernapas dapat dipicu ketika naik tangga atau bahkan berjalan-jalan. Mereka mungkin merasa sakit parah di dada atau rasa berat di dada.

2. Paroxysmal nocturnal dyspnea (kesulitan bernapas saat tidur), adalah gejala umum lain dari gagal jantung. Gejala-gejala termasuk sesak nafas yang hebat, dan batuk yang terjadi 1-3 jam setelah tidur.

3.Retensi cairan (Edema) dan Berat Badan
Pasien biasanya mengalami pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, pembuluh darah leher atau perut. Peningkatan retensi cairan secara tiba-tiba, sangat berpengaruh pada berat badan seseorang.

4. Batuk
Pasien mungkin mengalami batuk kering dan dapat ditanggulangi dengan mencoba duduk tegak.

Gagal jantung (Heart Failure/HF), juga disebut sebagai gagal jantung kongestif, terjadi ketika jantung kehilangan kemampuan untuk mempertahankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News