Ketua DPR: Rehabilitasi Bencana Mentawai Tergantung Pemda

Ketua DPR: Rehabilitasi Bencana Mentawai Tergantung Pemda
Ketua DPR: Rehabilitasi Bencana Mentawai Tergantung Pemda

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR, Marzuki Alie mengatakan pihaknya sudah merespon permintaan masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai korban gempa bumi dan tsunami yang terjadi 25 Oktober 2010 lalu.

"DPR sudah ketuk palu soal anggaran rehabilitasi korban gempa dan tsunami di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan dua daerah lainnya sebesar Rp550 miliar. Soal implementasinya, tergantung pemerintah daerah sekarang," kata Marzuki Alie, usai menerima Ketua DPR dan tokoh masyarakat Mentawai, di gedung Nusantara III, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (12/9).

Hanya saja lanjut Marzuki Alie, persetujuan DPR sebesar Rp550 miliar tersebut tidak hanya untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai. "Di situ ada bantuan bencana alam untuk Wasior dan Nusa Tenggara Barat," ungkapnya.

Sedangkan untuk tahun 2014, di tambah lagi anggaran pembangunan infrastruktur dasar bagi setiap desa dengan alokasi sebesar Rp450 juta, imbuhnya.

Dengan persetujuan alokasi anggaran tersebut, menurut Marzuki Alie, tugas DPR sudah selesai. "Selanjutnya soal teknis di pemerintah daerah termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," tegasnya.

Sementara, Ketua DPRD Kepulauan Mentawai Hendri Dori Satoko mengaku cukup puas dengan pertemuan tersebut. Namun, menurutnya, anggaran Rp550 miliar untuk tiga wilayah bencana seperti disampaikan Marzuki sebenarnya masih kurang untuk hunian tetap korban tsunami Mentawai. "Kalau untuk Mentawai hanya Rp125 miliar," katanya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Ketua DPR, Marzuki Alie mengatakan pihaknya sudah merespon permintaan masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai korban gempa bumi dan tsunami


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News