Pemerintah Segera Hapus Sistem Kuota Impor Holtikultura

Pemerintah Segera Hapus Sistem Kuota Impor Holtikultura
Pemerintah Segera Hapus Sistem Kuota Impor Holtikultura

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah berencana menghapus sistem kuota impor dengan tujuan untuk melindungi para petani holtikultura sekaligus menjaga daya beli masyarakat. Menurut Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, kebijakan yang akan diambil itu merupakan  salah satu cara melindungi petani yang selama ini juga bergantung pada penetapan harga di pasar.

"Tidak lagi menggunakan sistem kuota. Tapi dijaga pada harga untuk perlindungan petaninya. Itu kalau harga turun, tentu nanti instrumen dari Kementerian Keuangan yang akan bekerja," ujar Hatta di kantor Presiden, Kamis malam, (12/9).

Karenanya Hatta berharap agar harga-harga holtikultura dapat segera diturunkan. Yang terpenting, lanjutnya, pasokan di pasar harus tetap terpenuhi.

Hatta menambahkan, rencana penghapusan kuota ini juga berlaku bagi kedelai yang selama beberapa pekan terakhir mengalami kenaikan harga. "Kedelai dengan impor tambahan kita harapkan segera akan turun. Mendag (Menteri Perdagangan, red) tidak lagi menjatah dalam kuota, akan tetapi bagi importir yang akan memasok akan diberikan izin untuk mengimpor. Termasuk juga Bulog," sambungnya.

Hatta juga mengatakan, Bulog akan berupaya tetap melakukan pembelian persediaan agar menjaga kebutuhan masyarakat. Sedangkan harga akan dipantau untuk memberi perlindungan pada petani. (flo/jpnn)


JAKARTA - Pemerintah berencana menghapus sistem kuota impor dengan tujuan untuk melindungi para petani holtikultura sekaligus menjaga daya beli masyarakat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News