Penerbangan di Kualanamu Terganggu

Penerbangan di Kualanamu Terganggu
Penerbangan di Kualanamu Terganggu

jpnn.com - DELISERDANG- Sistem penerbangan sejumlah maskapai komersil di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) terganggu. Itu akibat cuaca buruk yang melanda Kabupaten Deliserdang, Sumut, sejak beberapa pekan terakhir.

Setidaknya, pada Kamis (12/9) kemarin, ada 3 penerbangan komersil yang terganggu jadwal penerbangannya, bahkan 2 di antaranya sempat dialihkan ke bandara lain, akibat kabut asap yang menyelimuti wilayah Deliserdang.

Menurut Airport Duty Manager KNIA, Djamal Amri mengatakan, 3 maskapai penerbangan komersil yang dialihkan pendaratannya, antara lain Garuda GA 0180 asal Jakarta. "Seharusnya Garuda GA 0180 mendarat di KNIA pada pukul 08.10 WIB, tapi sudah dialihkan ke Pekanbaru, dan baru bisa mendarat di KNIA pada pukul 10.22 WIB," ujarnya.

Dikatakan Djamal, selain itu, maskapai Lion Air JT 0381 yang akan berangkat dari KNIA menuju Jakarta, juga ditunda keberangkatannya akibat cuaca buruk.

"Bahkan sampai dengan saat ini maskapai Lion air JT 0397 yang berangkat dari Aceh dengan tujuan KNIA, masih dialihkan ke Kuala Lumpur, Malaysia. Seharusnya pesawat itu tiba di KNIA pukul 07.05 WIB," beber Djamal.

Djamal menyebutkan, pihak Airport duty manager sendiri mengakui, kondisi cuaca buruk ini baru pertama sekali terjadi di Bandara KNIA, sejak pertama kali dioperasikan.

"Kami sudah menyampaikan informasi bahwa kondisi ini akan berlangsung beberapa hari ke depan, dimana jarak pandang di bawah 500 meter akibat tertutup kabut tebal," sebut Djamal.

Pantauan Sumut Pos (Grup JPNN), pada siang hari cuaca di sekitar bandara Kualanamu sudah mulai cerah. Meski beberapa hari ini cuaca terbilang tidak menentu, ditambah lagi awan hitam. (mag-1)


DELISERDANG- Sistem penerbangan sejumlah maskapai komersil di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) terganggu. Itu akibat cuaca buruk yang melanda


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News