Anas-Andi Raih Suara Terbanyak Pilkada Riau

Anas-Andi Raih Suara Terbanyak Pilkada Riau
Anas-Andi Raih Suara Terbanyak Pilkada Riau

jpnn.com - PEKANBARU-- Sebanyak 163 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 12 kabupaten/kota se-Riau merampungkan pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara pasangan calon yang bertarung di Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2013.

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dihimpun Riau Pos dari seluruh PPK, pasangan nomor urut 2, Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman (Aman) berhasil memperoleh suara tertinggi yakni 658.150 suara (28,82 persen) dari 2.377.582 suara sah. Posisi kedua ditempati pasangan nomor urut 1, Herman Abdullah-Agus Widayat (HA) dengan 546.638 suara (22,99 persen).

Menyusul suara terbanyak ketiga diraih pasangan nomor urut 4, Achmad-Masrul Kasmy (Beramal) dengan 493.604 suara (20,76 persen) diikuti pasangan nomor urut 3, Lukman Edy-Suryadi Khusaini (Lurus) dengan 334.458 suara (14,07 persen) dan pasangan nomor urut 5, Jon Erizal-Mambang Mit (JE-MM) dengan 317.732 suara (13,36 persen).

Pasangan Aman yang diusung Partai Golkar unggul di lima kabupaten/kota yakni Bengkalis, Rokan Hilir (Rohil), Pelalawan, Siak dan Kota Dumai. Pasangan HA unggul di tiga kabupaten/kota yakni Pekanbaru, Kampar dan Kuantan Singingi (Kuansing).

Pasangan Beramal (Partai Demokrat)  unggul di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Kepulauan Meranti. Pasangan Lurus (PKB-PDIP)unggul di Kabupaten Indragiri Hilir dan pasangan JE-MM (PAN) unggul di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Data ini masih sementara, karena hasil pleno PPK ini akan dibawa ke pleno tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota pada, Jumat (13/9) ini, kemudian dilanjutkan pleno pamungkas di KPU Riau pada Ahad (15/9) mendatang.

Ketua KPU Riau Ir H Tengku Edy Sabli sudah mengarahkan semua KPU kabupaten/kota se-Riau untuk menyelenggarakan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pilgubri serentak pada 13 September.

‘’Memang sesuai jadwal dari 13 sampai 14 September untuk tingkatan KPU kabupaten/kota, tapi kami sudah meminta semua KPU kabupaten/kota serentak 13 September,’’ kata Edy dilansir Riau Pos (Grup JPNN), Jumat (13/9).

PEKANBARU-- Sebanyak 163 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 12 kabupaten/kota se-Riau merampungkan pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara pasangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News