PLN Amankan Pasokan Listrik untuk Sail Komodo 2013

PLN Amankan Pasokan Listrik untuk Sail Komodo 2013
PLN Amankan Pasokan Listrik untuk Sail Komodo 2013

jpnn.com - JAKARTA - PT PLN (Persero) menyiapkan pasokan listrik sebesar 6.100 kilowatt (KW) demi kelancaran acara puncak Sail Komodo 2013 yang diadakan selama dua hari, 13-14 September di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Manajer PLN Area Flores Bagian Barat, Leo Buntoro listrik dengan daya 6.100 KW itu berasal dari PLTD Gorontalo dan PLTD Golobilas yang selama ini memasok kebutuhan listrik pada sistem kelistrikan Labuan Bajo.

"PLN menyiapkan sejumlah genset untuk mengamankan pasokan listrik pada beberapa titik pelaksanaan acara, termasuk di hotel tempat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan menginap," ujar Leo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/9).

Setidaknya ada mesin genset berkapasitas 610 KW yang disiapkan PLN sebagai back-up untuk keamanan pasokan listrik pada tujuh titik kegiatan. Tujuh lokasi itu yakni di Hotel Jayakarta (250 KW), Pantai Pede (250 KW), Pulau Komodo (40 KW), Rumah Jabatan Bupati (40 KW), Bandara Komodo (100 KW), Kantor Bupati Manggarai Barat (40 KW) dan Rumah Pintar (20 kW).

Leo menambahkan, kesiapan PLN dalam mendukung pasokan listrik untuk keperluan Sail Komodo 2013 ini sebelumnya telah ditinjau langsung oleh General Manager PLN NTT, Richard Safkaur, bersama  wakil dari PLN Pusat, Hedy Nugroho pada Kamis (11/9) lalu. "Ini merupakan kewajiban dan komitmen PLN untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Sail Komodo 2013, utamanya dari sisi pasokan listrik" papar Leo.

Sedangkan Richard Safkaur mengatakan, kebutuhan listrik Labuan Bajo naik 600 KW menjelang penyelenggaraan Sail Komodo 2013. Rabu (11/9) lalu, beban puncak pemakaian listrik pada malam hari naik dari 2,8 megawatt (MW) menjadi 3,4 MW. "Sedangkan beban puncak pada siang hari juga mengalami kenaikan, yakni sebesar 1,9 MW sebelum ada kegiatan Sail Komodo, dan saat ini menjadi 2,2 MW atau mengalami kenaikan sebesar 300 kW," pungkasnya. (chi/jpnn)


JAKARTA - PT PLN (Persero) menyiapkan pasokan listrik sebesar 6.100 kilowatt (KW) demi kelancaran acara puncak Sail Komodo 2013 yang diadakan selama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News