Dua Pasang Klaim Menang

Dua Pasang Klaim Menang
Dua Pasang Klaim Menang

jpnn.com - BOGOR-Kota Bogor baru saja melangsungkan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah, periode 2014-2019, kemarin. Lima pasangan calon yang bertarung di antaranya Firman-Gartono, Bima-Usmar, Ru'yat-Aim, Dody-Untung, dan Syaiful-Muztahidin mengaku optimis dapat memenangkan suara rakyat hanya dengan satu putaran coblosan.

Klaim-klaim kemenangan itu berdasar pada hitung cepat yang dilakukan oleh setidaknya dua pasangan calon, yakni Bima-Usmar dan Ru'yat-Aim. Memang berbagai hitung cepat sejumlah lembaga termasuk yang dilakukan oleh redaksi Radar Bogor (Grup JPNN), perolehan suara keduanya berbeda tipis dan saling salip menyalip.

Hitung cepat yang dilakukan oleh tim sukses Ru'yat-Aim hingga Sabtu (14/9) pukul 15:48, menyimpulkan kemenangan pasangan petahana ini, dengan perolehan suara sebesar 35,2 persen.

Diikuti pasangan nomor urut 2, Bima-Usmar dengan perolehan suara 31,8 persen. Sedangkan pasangan Dody-Untung memperoleh suara 15,4 persen, Syaiful-Muztahidin sebesar 10,5 persen, dan Firman-Gartono dengan suara 7,1 persen.

Ketua tim sukses, Iwan Suryawan, menjelaskan hitung cepat yang dilakukan pihaknya menggunakan metode penarikan contoh systematic random sampling terhadap 1.814 TPS di Kota Bogor. Penghitungan itu berdasarkan sampel dari 250 Tempat Pemungutan Suara (TPS), atau setara dengan sekitar 81.327 pemilih. “Hitung cepat menghasilkan sampling eror sebesar 0,3 persen,” paparnya.

Iwan menambahkan, kemenangan Ru'yat-Aim adalah kemenangan warga Kota Bogor, karena agenda Pilwakot adalah agenda bersama masyarakat Kota Hujan. Meski beberapa lembaga lain menunjukkan hasil yang sama, tim suskes masih menunggu hasil resmi penghitungan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bogor.

“Pilwakot ini adalah agenda bersama masyarakat yang diusung oleh PKS, PPP dan Hanura. Pasangan ini (Ru'yat-Aim) memang diusung untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, hitung cepat yang dilakukan kubu Bima-Usmar dengan menggandeng lembaga survei Charta Politika, menunjukkan hasil yang berbeda. Hingga pukul 17:00, pasangan Bima-Usmar masih unggul tipis dari pasangan Ru'yat-Aim, yakni  35 dan 33,1 persen.  Hasil dari 85 persen total suara yang masuk itu menunjukkan urutan berikutnya adalah pasangan dengan nomor urut 4, 5 dan 1.

BOGOR-Kota Bogor baru saja melangsungkan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah, periode 2014-2019, kemarin. Lima pasangan calon yang bertarung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News