Wanita Bahagia Cenderung Naik Berat Badannya

Wanita Bahagia Cenderung Naik Berat Badannya
Wanita Bahagia Cenderung Naik Berat Badannya

jpnn.com - Urusan berat badan adalah perkara yang sensitif bagi para wanita. Bukan rahasia lagi jika kenaikan berat badan yang tak terkontrol dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya. Namun untuk masalah psikis, ternyata wanita yang bahagia malah cenderung naik bobotnya.

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa kenaikan berat badan pada wanita seiring dengan perbaikan kondisi mentalnya. Ilmuwan dari Jerman menemukan bahwa wanita yang mengalami peningkatan dalam kualitas mentalnya cenderung akan bertambah berat badannya.

Temuan yang dimuat International Journal of Public Health ini juga berlaku bagi wanita yang sudah mengalami kelebihan berat badan. Penelitian tersebut menganalisis data lebih dari 3.000 orang untuk mencari kaitan antara berat badan dan kualitas kesehatan yang berhubungan dengan kehidupan.

"Kami mengukur indeks massa tubuh peserta serta kualitas kesehatan yang berhubungan dengan kehidupannya. Hasilnya, ternyata pengaruh berat badan terhadap kesehatan fisik dan mental amat kompleks," kata peneliti, Profesor Dr Rolf Holle, seperti dilansir laman Counsel and Heal, Senin (16/9).

Menurut Prof Holle, pemahaman akan keterkaitan ini sangat penting untuk mengembangkan strategi pengobatan yang efektif dan hemat biaya untuk mencegah dan menangani obesitas. Tantangannya adalah mencegah kenaikan berat badan dan konsekuensi kesehatan yang merugikan, misalnya diabetes.

"Perlu juga menyusun program sedemikian rupa sehingga para wanita dapat melawan gangguan yang mempengaruhi kesejahteraan mental tanpa harus mengalami kenaikan berat badan. Dalam konteks ini, pendekatan yang spesifik pada gender harus dipertimbangkan, "pungkasnya.(fny/jpnn)


Urusan berat badan adalah perkara yang sensitif bagi para wanita. Bukan rahasia lagi jika kenaikan berat badan yang tak terkontrol dapat meningkatkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News