Rabu, 01 Oktober 2014 | 17:19:35
Home / Olahraga / Bulutangkis / Chong Wei Tak Ciutkan Nyali

Rabu, 18 September 2013 , 07:46:00

JAKARTA - Jalan terjal akan langsung dilalui pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Sony Dwi Kuncoro dalam ajang Jepang Terbuka 2013. Pasalnya, Sony bakal mendapat lawan-lawan yang tidak mudah di babak-babak awal. Dia pun berpeluang besar menantang pebulu tangkis unggulan pertama, Lee Chong Wei di babak kedua.

 

Kesempatan itu bisa didapatkan Sony andai saja mampu melewati babak pertama dengan baik. Hari ini, Sony ditantang pebulu tangkis wakil India, Anand Pawar. Di atas kertas, kemenangan sepertinya berpihak kepada Sony.

Tidak jauh berbeda dengan Sony, Chong Wei juga mendapat lawan enteng. Pebulu tangkis Malaysia itu hanya menghadapi wakil Taiwan, Jen Hao.

Jika pertemuan itu benar-benar terjadi, maka ini bisa menjadi bentrok kedua bagi mereka dalam kurun waktu kurang dari setahun terakhir. Keduanya pernah bentrok dalam ajang Malaysia Terbuka, Januari lalu. Hanya, saat itu Sony kurang beruntung dan harus takluk di tangan Chong Wei straight game, 7-21 8-21.
      
Ini bisa menjadi kesempatan Sony mengakhiri rekor tak terkalahkannya atas Chong Wei sejak Singapura Terbuka 2010 silam. "Saya rasa Sony masih bisa meredam perlawanan Chong Wei. Kami tetap yakin dia bisa menang seandainya berjumpa Chong Wei di babak kedua," ujar Sekretaris Jendreal PB PBSI Anton Subowo kepada Jawa Pos, tadi malam.
      
Menurutnya, baik Sony ataupun Chong Wei sebenarnya mempunyai bekal yang nyaris sama. Baik secara fisik ataupun tekniknya. Hanya mental bertanding yang menjadi pembeda pertemuan kedua pebulu tangkis tersebut. Mental itu yang lebih besar dimiliki Chong Wei lantaran kerap jadi ganjalan bagi Sony.
      
Tanpa memprediksi hasil di putaran kedua nanti, Anton menganggap peluang kemenangan bagi Sony masih fifty-fifty. "Semuanya tergantung bagaimana dia bermain di lapangan nanti. Kalau dia bisa tampil rileks tanpa ada beban apapun, tentunya masih ada kesempatan baginya untuk memberi perlawanan," bebernya.
      
Sebelum bertolak ke Jepang, Sony sebenarnya masih belum pulih 100 persen dari cedera di punggungnya. Hanya, lanjut Anton, Sony sudah berbicara kepadanya dan siap untuk bangkit kembali. "Dia ingin membuktikan diri bahwa masih sanggup bersaing di level internasional," jelasnya.
      
Selain Sony, hari ini juga ada beberapa pertandingan yang melibatkan pebulu tangkis Merah Putih. Di tunggal putra, unggulan keenam Tommy Sugiarto akan ditantang non seeded Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk. Kemudian Dionysius Hayom Rumbaka bersua dengan wakil Jerman, Marc Zwiebler.     

Ganda putra memberi harapan besar dengan tampilnya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang melawan duo tuan rumah, Yu Igarashi/Hashiru Shimono. Jalan mudah juga dituai wakil di sektor tunggal putri. Lindaweni Fanetri yang merupakan satu-satunya wakil Indonesia hanya akan menghadapi non unggulan asal Selandia Baru, Anna Rankin.
      
Sedangkan di sektor ganda putri, empat pasangan Indonesia langsung turun di babak pertama. Di antaranya Pia Zebadiah Bernadeth/Rizki Amelia Pradipta, Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia Nuraidah, Aprilsasi Putri Lejarsari Variella/Vita Marissa dan Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii. (ren/ham)

Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar