Koper Ratusan Penumpang Garuda Tertinggal

Koper Ratusan Penumpang Garuda Tertinggal
Koper Ratusan Penumpang Garuda Tertinggal

jpnn.com - MEDAN - Sistem pelayanan di Kuala Namu Internasional Airport  Rabu (18/9) sempat kacau  beberapa jam. Hal ini diakibatkan adanya pemadaman listrik di bandara ini sejak pukul 09.39 hingga 11.45 WIB.

Sehingga berbagai pelayanan yang biasanya menggunakan komputerisasi terpaksa dilakukan secara manual seperti system check-in dan sebagainya. Akibatnya terjadi beberapa gangguan mulai dari molornya jadwal penerbangan hingga tertinggalnya koper bawaan penumpang.

Seperti yang dialami seluruh penumpang Garuda Indonesia dengan no penerbangan GA185  dari Medan tujuan Jakarta. Begitu tiba di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, ratusan penumpang ini kebingungan tidak mendapatkan barang bawaan mereka yang sebelumnya dimasukkan ke bagasi.

“Jadwal keberangkatan ditunda hampir dua jam tanpa pemberitahuan. Dijadwal pukul 10.15 WIB, tapi kita dibuat harus menunggu hampir dua jam dan baru diberangkatkan pukul 12.10 WIB. Setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, pukul 15.45 WIB, seluruh penumpang menyatakan komplain,’’ujar Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Sumatera Utara, Anuar Shah, SE yang saat itu menumpang Garuda GA185 tersebut.

Dikatakannya, penumpang awalnya tidak mengetahui kejadian ini sehingga ikut mengantre menunggu di ruang pengambilan barang bawaan.

“Kita ikut mengantre, tapi koper kita gak juga nongol-nongol. Ya otomatis banyak yang ribut. Setelah itu barulah pihak maskapai memberitahukan bahwa barang kita masih tertinggal di Medan. Jadi, kita masih harus menunggu pesawat Garuda berikutnya,’’tambah Aweng, panggilan akrabnya.

GM Garuda Indonesia Medan Syamsuddin yang dikonfirmasi mengatakan,   kejadian ini dikarenakan adanya pemadaman listrik. Sehingga, barang yang tadinya sudah dimasukkan ke konveyer tiba-tiba terhenti begitu listrik padam.  Karenanya, sebagiann barang diangkut secara manual pakai troli. Tetapi tidak bisa terangkut semua.

Sehingga banyak yang tertinggal.  Sore harinya, pihak Garuda mengirimkan barang yang tertinggal ke alamat masing- masing penumpang di Jakarta. ‘’Kita mengharapkan  pengertian penumpang. Ini bukan kesalahan Garuda tetapi kesalahan system yang mengandalkan listrik,’’jelasnya.

MEDAN - Sistem pelayanan di Kuala Namu Internasional Airport  Rabu (18/9) sempat kacau  beberapa jam. Hal ini diakibatkan adanya pemadaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News