Kedelai Impor dari AS Tiba Dua Bulan Lagi

Kedelai Impor dari AS Tiba Dua Bulan Lagi
Kedelai Impor dari AS Tiba Dua Bulan Lagi

jpnn.com - BOGOR - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurti, mengatakan, paling cepat dua bulan lagi kedelai impor dari Amerika Serikat baru tiba di tanah air.

Dia mengatakan, impor kedelai ini dilakukan sebagai salah satu solusi menekan harga bahan baku utama tahu-tempe itu.

“Kita sedang berupaya mendatangkan kedelai dari Amerika Serikat, untuk mengatasi tingginya harga saat ini. Paling cepat kedelai akan sampai di Indonesia 60 hingga 75 hari dari sekarang,” kata Bayu ketika menjadi pembicara dalam Diskusi Setengah Hari, 'Reposisi Politik Pertanian', di Botani Square Convention Hall, kemarin.

Karena itu, Bayu mengimbau agar masyarakat dan pelaku usaha untuk bersabar.

Dalam kesempatan yang sama, dia mengajak masyarakat memproduksi kedelai secara massal.  Hal itu untuk mengantisipasi agar harga kedelai yang tinggi seperti akhir-akhir ini, tidak terulang lagi di masa-msa mendatang.

“Kenaikan harga kedelai sekarang ini karena faktor kurs. Harga kedelainya cenderung menurun di negara-negara lain. Tetapi, mungkin akan mengalami kenaikan, yang tidak cukup tinggi karena masalah panen di Amerika Serikat,” kata Bayu.

Bayu menegaskan, inti permasalahan kenaikan harga kedelai adalah, agar masyarakat dan pelaku usaha kembali menanam kedelai.

“Intinya tetap meningkatkan kemampuan dalam negeri, kemampuan kita sendiri yang kemudian harus disertai penguatan dalam bidang dan jasa,” ujarnya.(cr23/c/sam/jpnn)


BOGOR - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurti, mengatakan, paling cepat dua bulan lagi kedelai impor dari Amerika Serikat baru tiba


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News