Dari SBY untuk Rakyat Aceh

Dari SBY untuk Rakyat Aceh
Dari SBY untuk Rakyat Aceh

BANDA ACEH - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa bidang ilmu hukum perdamaian  dari Universitas Syiah Kuala, Nangroe Aceh Darussalam. SBY dianggap berhasil mendamaikan Aceh. Tidak hanya terkait konflik dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), tetapi juga upaya mensejahterakan Aceh pasca bencana tsunami.

        

"Gelar yang saya terima ini saya dedikasikan kepada saudara-saudara kita tercinta seluruh rakyat Aceh, dan tentunya kepada bangsa Indonesia," ujar SBY saat acara penganugerahan gelar tersebut di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Kamis malam (19/9).

    

Dalam orasi ilmiahnya, SBY memaparkan bahwa proses membangun rasa saling percaya dan integrasi pasca konflik Aceh terus dilakukan. Dia meyakini bahwa Aceh sekarang telah jauh berubah. "Aceh kini menjadi kawasan yang damai, menjadi teritori yang siap membangun dan memajukan dirinya menuju masa depan yang jauh lebih maju dan lebih sejahtera," paparnya.  

       

Terkait dengan penyelesaian konflik di Aceh, SBY menegaskan ada satu hal penting yang harus tetap dilakukan. Yakni, tidak mengulangi kesalahan masa lalu. Untuk itu, harus ada dukungan politik yang kuat dari pemerintah kepada Aceh.

      

BANDA ACEH - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa bidang ilmu hukum perdamaian  dari Universitas Syiah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News