Penggunaan Gadget Tingkatkan Risiko Siswa Celaka Saat Berangkat Sekolah

Penggunaan Gadget Tingkatkan Risiko Siswa Celaka Saat Berangkat Sekolah
Penggunaan Gadget Tingkatkan Risiko Siswa Celaka Saat Berangkat Sekolah

jpnn.com - KINI makin banyak anak-anak usia sekolah menggunakan gadget. Tapi jika tidak diawasi dengan baik, mereka cenderung menggunakannya tanpa melihat waktu, termasuk saat berjalan ke sekolah. Kebiasaan buruk ini tentu bisa berbahaya bagi keselamatan mereka.

"Orang-orang berpikir menggunakan gadget selama berjalan tidak akan membahayakan nyawa mereka. Padahal faktanya jumlah pejalan kaki yang cedera justru meningkat," kata Kate Carr, CEO Safe Kids Worldwide seperti dilansir laman CBS News, Minggu (22/9).

Dalam lima tahun terakhir, tingkat cidera pejalan kaki di Amerika Serikat (AS) telah meningkat hingga 25 persen di kalangan remaja usia 16 -19 tahun. Kelompok usia tersebut mewakili sekitar setengah dari semua kasus kematian pejalan kaki di kalangan anak-anak dan remaja.

Sebuah laporan dari National Highway Traffic Safety Administration menemukan sekitar 69 ribu pejalan kaki terluka setiap tahun. Dari angka itu, 11 ribu di antaranya berusia di bawah 14 tahun. Sedangkan sekitar 4.400 kasus dari jumlah tersebut termasuk cedera yang fatal.

Safe Kids Worldwide kemudian mengukur risiko untuk kelompok usia ini pada waktu yang paling berisiko bagi mereka, yaitu dalam perjalanan ke dan dari sekolah. Tim peneliti berkemah di persimpangan dekat 68 sekolah di 17 negara guna mengamati lebih dari 34 ribu anak-anak yang menyeberang jalan.

Mereka menemukan perhatian 1 dari 5 siswa sekolah menengah atas teralihkan oleh perangkat elektronik ketika menyeberang. Demikian juga sekitar 1 dari 8 siswa sekolah menengah pertama hanya fokus pada gadget mereka saat menyeberang jalan.

"Pengamatan ini dilakukan di jalan dengan harapan seharusnya mereka lebih waspada. Namun faktanya justru mereka banyak teralihkan oleh penggunaan gadget," kata Carr lebih lanjut.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa ada sekitar 39 persen remaja berjalan sambil mengirim pesan teks atau memakai headphone, sedangkan 20 persen lainnya sambil berbicara di ponsel dan 2 persen sambil bermain video game. Khusus untuk remaja wanita juga ditemukan bahwa kemungkinannya 1,2 kali lebih mungkin untuk teralihkan oleh gadget saat menyeberang jika dibandingkan dengan remaja pria.

KINI makin banyak anak-anak usia sekolah menggunakan gadget. Tapi jika tidak diawasi dengan baik, mereka cenderung menggunakannya tanpa melihat waktu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News