Menlu Anggap Penting Kerjasama Bilateral RI-Belanda

Menlu Anggap Penting Kerjasama Bilateral RI-Belanda
Menlu Anggap Penting Kerjasama Bilateral RI-Belanda

jpnn.com - NEW YORK - Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa menilai kerjasama bilateral dengan Belanda sangat penting. Pasalnya, Belanda adalah mitra dagang dan pintu gerbang bagi Indonesia untuk memasuki pasar Eropa.

Untuk semakin mempererat kerjasama bilateral tersebut, Marty bertemu dengan Menlu Belanda Frans Timmermans pada tanggal 23 September 2013 lalu. Pertemuan itu berlangsung di sela-sela Sidang ke-68 Majelis Umum PBB di New York.

Dalam pertemuan itu, kedua Menlu mendiskusikan langkah-langkah untuk memperkuat hubungan bilateral dan sepakat untuk lebih meningkatkan lagi kerja sama. Kedua Menlu mencatat bahwa terdapat banyak kemajuan sejak kunjungan Menlu Timmermans ke Jakarta bulan Februari 2013.

“Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Belanda berkomitmen untuk terus mendorong kerja sama bilateral, dengan fokus pada sektor infrastruktur, logistik, dan pengelolaan air,” tegas Menlu Marty Natalegawa seperti dikutip dari keterangan pers resmi Kementerian Luar Negeri yang diterima JPNN, Selasa (24/9).

Menurut Marty, pada tahun 2012 nilai perdagangan antara Indonesia-Belanda mencapai hampir 6 milyar Dolar AS. Jumlah ini merupakan yang terbesar kedua diantara negara-negara Eropa lain. Lebih dari itu, Belanda merupakan mitra penting di bidang investasi langsung, kerja sama pembangunan, dan sektor pariwisata.

Selain kerja sama ekonomi, hubungan bilateral dewasa ini juga didasari oleh nilai-nilai demokrasi yang dianut bersama. Kedua negara memiliki kerja sama erat di bidang good governance, penegakan hukum, dan industri pertahanan.

Kedua Menteri Luar Negeri juga bertukar pandangan tentang isu-isu global yang menjadi perhatian bersama, termasuk perkembangan terkini di kawasan Timur Tengah terutama Suriah. (dil/jpnn)

 


NEW YORK - Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa menilai kerjasama bilateral dengan Belanda sangat penting. Pasalnya, Belanda adalah mitra


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News