Jumat, 19 Desember 2014 | 06:07:09
Home / Nasional / Humaniora / Kelulusan TKD Disesuaikan Kuota CPNS

Kamis, 26 September 2013 , 23:54:00

JAKARTA - Tes Kompetensi Dasar (TKD) baik lewat computer assisted test (CAT) maupun lembar jawaban komputer (LJK) menjadi salah satu syarat utama dalam seleksi CPNS 2013 yang dimulai 29 September hingga 3 November mendatang. Masih ada lagi tes yang paling menentukan yaitu tes kompetensi bidang (TKB).

"Kita sudah sepakat yang lulus TKD sesuai standar passing grade semuanya kita ikutkan TKB. Nanti di TKB baru diambil berapa yang lolos sesuai formasi," ungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar di Jakarta, Kamis (26/9).

Meski TKB menjadi tes penentu, namun menurut mantan Plt guberner Aceh ini, ada sebagian daerah yang tidak melaksanakannya. Mereka hanya melakukan tes sampai di TKD saja. Hal tersebut masih dimungkinkan, karena pemerintah belum mewajibkan TKB.

"Tahun depan baru TKB wajib. Kalau tahun ini tergantung kebijakan pejabat pembina kepegawaian. Kalau mau ditambah TKB lebih baik lagi agar SDM yang diperoleh benar-benar sesuai keahlian dan tidak hanya jago teori saja," ujarnya.

Bagi daerah yang hanya sampai di TKD, penentuan kelulusan didasarkan pada rangking. Bila formasi yang dibutuhkan misalkan hanya 52 orang, berarti diambil sampai rangking 52. Setelah dinyatakan lulus, langsung masuk ke tahap pemberkasan. (esy/jpnn)

Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar