MIT Ciptakan Replika Terminator

MIT Ciptakan Replika Terminator
MIT Ciptakan Replika Terminator

jpnn.com - NEWYORK--Para ilmuwan Massachusetts Institute of Technology ( MIT ) berhasil membuat Robot berbentuk kubus yang dapat melompat dan merakit ulang sendiri menjadi bentuk berbeda mirip karakter dalam film Terminator.

Robot kecil, yang dinamai M - Block ini, tidak memiliki bagian eksternal tetapi dapat bergerak menggunakan mekanisme roda gila internalnya. Bagian tubuh dari robot ini mampu menyatu dan tetap bersama-sama karena adanya magnet.

Menurut BBC, para ilmuwan sebelumnya ingin membangun miniatur "swarmbot" yang bisa merakit dirinya sendiri seperti androids baja cair dalam film Terminator.

Para peneliti di Ilmu Komputer dan Laboratorium Kecerdasan Buatan (CSAIL) MIT, meyakini robot ini bisa digunakan untuk melakukan perakitan kontruksi jembatan ataupun bangunan.

Robot ini diklaim dapat beradaptasi dengan tugas apapun dan berbagai macam kondisi medan . "Kami ingin ratusan kubus yang tersebar secara acak di lantai dapat mengidentifikasi satu sama lain, menyatu, dan mandiri dan berubah menjadi kursi, atau tangga, atau meja sesuai keinginan," ujar John Romanishin , salah satu ilmuwan penelitian di CSAIL.

M- Block saat ini dikendalikan melalui instruksi komputer yang dikirim melalui radio nirkabel, tapi di masa depan para peneliti berharap algoritma dapat dimuat pada robot ini secara langsung , membuat mereka sepenuhnya otonom dan mampu beradaptasi dengan lingkungan berbeda.

Robot ini juga dilengkapi dengan sensor dan kamera agar dapat mengetahui bagaimana menyelesaikan tugas tertentu dalam situasi pertempuran atau keadaan darurat. (esy/jpnn)


NEWYORK--Para ilmuwan Massachusetts Institute of Technology ( MIT ) berhasil membuat Robot berbentuk kubus yang dapat melompat dan merakit ulang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News