Warga Temukan Senjata Aktif

Warga Temukan Senjata Aktif
Warga Temukan Senjata Aktif

POSO- Kepolisian Resort (Polres) Poso mengamankan sepucuk senjata aktif laras pendek, Sabtu (5/10) pagi kemarin. Senjata jenis pistol yang diamankan polisi tersebut adalah hasil temuan warga dikelurahan Lawanga kecamatan Poso Kota Utara.
 
Kapolres Poso AKBP Susnadi membenarkan telah ditemukannya senjata rakitan jenis pistol dikelurahan Lawanga. Temuan senpi berasal dari informasi warga yang melihat benda mirip senjata api di sebuah sungai kecil di kelurahan Lawangan tak jauh dari SMPN 3 Poso. Lokasi penemuan senpi hanya berjarak beberapa belas meter dari permukiman warga.

“Benar. Barang bukti sekarang sudah kita amankan di Mapolres,” jelasnya saat dikonfirmasi di sebuah acara di kelurahan Madale, kemarin.

Kapolres memastikan senpi yang ditemukan masih aktif meski kondisinya mulai berkarat.  “Senpinya mulai berkarat. Tapi masih bisa dipakai jika dibersihkan. Masih aktif,” tegasnya.

Susnadi mengimbau kepada warga Poso yang masih menyimpan senjata api untuk menyerahkannya kepada polisi. Ia justru melarang masyarakat pemilik senjata api membuang senjata yang dikuasai disembarang tempat. Sebab jangan sampai senpi yang dibuang disembarang tempat itu ditemukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab lalu digunakan untuk tindak kejahatan.

Kepada masyarakat yang menyerahkan senjata dengan sukarela, Kapolres menjamin tidak akan memproses hukum. Sebaliknya Polres Poso bahkan akan memberikannya penghargaan.  “Jangan takut menyerahkan senjata pada polisi. Kami akan berikan penghargaan pada warga yang serahkan senjata,” ujar mantan Dansat Brimob di Polda Metro Jaya ini.

Menurut Kapolres Susnadi, temuan senjata api di kelurahan Lawangan kemarin adalah temuan senpi yang ke 13 kalinya di tahun 2013. Sebagian besar dari 13 pucuk senjata api yang ditemukan disepanjang tahun ini masih dalam kondisi aktif dan siap digunakan. Temuan senpi tersebut diluar dari temuan bahan peledak dan amunisi. “Ada yang peninggalan konflik Poso dulu, tapi ada sebagian yang punyanya para DPO,” tutup perwira dua melati di pundak ini soal asal senpi yang ditemukan di sepanjang tahun 2013. (bud)

 


POSO- Kepolisian Resort (Polres) Poso mengamankan sepucuk senjata aktif laras pendek, Sabtu (5/10) pagi kemarin. Senjata jenis pistol yang diamankan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News