KTT APEC Hasilkan Tujuh Kesepakatan

KTT APEC Hasilkan Tujuh Kesepakatan
KTT APEC Hasilkan Tujuh Kesepakatan

jpnn.com - JAKARTA--Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-21 Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik atau APEC, yang berlangsung sejak 1 Agustus sudah berakhir pada Selasa (8/10). Dalam kegiatan itu, para pemimpin APEC mencapai tujuh kesepakatan yang dibacakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di di Plenary Hall, Hotel Sofitel, Nusa Dua, Bali.

Pertama, APEC sepakat menggandakan upaya untuk mencapai Bogor Goals pada 2020.

"Dalam komitmen ini kami sepakat untuk memberdayakan dan membuka kesempatan bagi para pemangku kepentingan," kata Presiden SBY.

Kedua, APEC sepakat untuk meningkatkan perdagangan intra APEC dan kawasan melalui fasilitasi perdagangan, peningkatan kapasitas, dan memberdayakan sistem perdagangan multilateral.
Dalam hal ini, kata Presiden, disepakati deklarasi perdagangan multilateral yang mendukung sistem perdagangan multilateral.

"Kita juga sepakat untuk memastikan suksesnya pelaksanaan Konferensi Tingkat Menteri ke-9 Organsiasi Perdagangan Dunia (WTO) yang akan dilaksanakan di Bali pada Desember 2013," sambung Presiden.

Ketiga, APEC sepakat mempercepat konektivitas melalui pengembangan investasi dan infrastruktur. Pada saat yang sama, lanjut SBY, pengembangan infrastruktur dan konektivitas akan menciptakan lapangan pekerjaan.

Kesepakatan keempat, sambungnya, menyangkut komitmen untuk menjaga pertumbuhan global yang kuat, berimbang, dan inklusif.

 "Kita mendukung partisipasi UKM, kaum muda, dan para pengusaha muda. UKM merupakan tulang punggung dari perekonomian kita," kata Presiden

JAKARTA--Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-21 Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik atau APEC, yang berlangsung sejak 1 Agustus sudah berakhir pada Selasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News