Gunakan CAT, Kemlu Optimistis Bisa Rekrut CPNS Berkualitas

Gunakan CAT, Kemlu Optimistis Bisa Rekrut CPNS Berkualitas
Gunakan CAT, Kemlu Optimistis Bisa Rekrut CPNS Berkualitas

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mendukung penuh penggunaan sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam pelaksanaan tes kompetensi dasar (TKD) seleksi CPNS 2013. Sistem ini dinilai memudahkan instansi dalam menjaring CPNS berkualitas.

Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Luar Negeri, Yuwono A. Putranto mengatakan, kementeriannya memiliki kepentingan besar untuk memperoleh SDM  berkualitas tinggi. Pasalnya, nantinya para CPNS rekrutan Kemlu itu diharapkan dapat mewakili kepentingan Indonesia di ajang Internasional.

"Oleh karena itu, Kementerian Luar Negeri mendukung penuh program nasional ini, mengingat aspek strategis yang dimiliki dari Tes Kompetensi Dasar dengan menggunakan sistem CAT ini," kata Yuwono melalui siaran pers, Selasa (8/10).

Yuwono mengatakan, salah satu keunggulan CAT adalah mampu menghasilkan dan menampilkan skor peserta secara real time, sehingga menciptakan transparansi yang sangat tinggi dalam tahapan tes kompetensi dasar. Ia pun berharap transparansi melalui CAT dapat menghapus keraguan masyarakat akan hasil seleksi CPNS.

“Ini mampu menepis masih adanya anggapan mengenai mudahnya proses rekrutmen CPNS disusupi oleh kepentingan-kepentingan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,“ pungkasnya.

Seperti diketahui, hari ini rangkaian pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar Kementerian Luar Negeri Tahun 2013 resmi berakhir. Selanjutnya, para peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti rangkaian Tes Kompetensi Bidang.

Tahapan Tes Kompetensi Bidang meliputi tes substansi dan ujian kemampuan/penguasaan bahasa asing dan pemeriksaan psikologi. Kemudian dilanjutkan dengan tes wawancara dan tes kesehatan. (dil/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mendukung penuh penggunaan sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam pelaksanaan tes kompetensi dasar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News