Besok Berkas Penyidikan Rusli Dioper ke Jaksa KPK

Besok Berkas Penyidikan Rusli Dioper ke Jaksa KPK
Besok Berkas Penyidikan Rusli Dioper ke Jaksa KPK

jpnn.com - JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melimpahkan berkas perkara korupsi Gubernur Riau Rusli Zainal ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Rencananya, berkas tersangka kasus dugaan suap revisi Peraturan Daerah (Perda) PON ke XVIII Riau dan korupsi pengesahan pemanfaatan hasil hutan kayu itu akan diserahkan ke penuntut di KPK, Kamis (10/10).

"Besok (10/10) juga ada penyerahan tahap dua atau P21 atas nama tersangka Rusli Zainal terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi peraturan daerah PON dan kehutanan," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di KPK, Jakarta, Rabu (9/10).

Dengan pelimpahan tersebut, jaksa KPK memiliki waktu 14 hari untuk menyusun surat dakwaan untuk Politisi Partai Golkar tersebut. Menurut Johan, persidangan Rusli tidak akan berlangsung di Jakarta. "Sidangnya di Riau," katanya.

KPK menetapkan Rusli sebagai tersangka dalam tiga kasus dugaan korupsi sekaligus. Dalam kasus PON, Rusli disangka menerima suap dari kontraktor proyek PON Riau. Selain itu, Rusli juga disangka memerintahkan suap ke DPRD Riau terkait revisi Perda APBD untuk pembangunan venue PON.

Sedangkan dalam kasus hutan, Rusli disangka korupsi terkait pemberian izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu pada tanaman industri di Pelalawan, Riau tahun 2001-2006. Kasus ini berawal dari kasus kehutanan Pelalawan yaitu pada dispensasi Rencana Kerja Tahunan (RKT) kepada 12 perusahaan di Riau. (gil/jpnn)

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melimpahkan berkas perkara korupsi Gubernur Riau Rusli Zainal ke Pengadilan Tindak Pidana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News