Lembar Ujian CPNS Mulai Didistribusikan

Lembar Ujian CPNS Mulai Didistribusikan
Foto: Dok/JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) mulai menetapkan rencana pendistribusian lembar ujian tes CPNS. Pendistribusian lembar ujian yang ditangani panitia pusat ini khusus untuk tes CPNS baru dari pelamar tenaga honorer kategori II.

Kemen PAN-RB memperkirakan jumlah peserta tes CPNS dari pelamar tenaga honorer kategori II mencapai 500 ribu lebih. Jumlah ini menyusut karena ada nama-nama nominasi yang tercoret saat verifikasi dan validasi. Tetapi kuota yang bakal diterima hanya sepertiga atau sekitar 150 ribu orang saja.

Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja menuturkan pendistribusian lembar ujian ini mencakup naskah soal dan lembar jawaban komputer (LJK). ’’Pendistribusiannya kami bagi menjadi dua tahap. Karena pembagian ini mencakup seluruh Indonesia,’’ katanya.

Pengiriman tahap pertama diharapkan tiba di instansi pelaksana ujian CPNS pada 20 Oktober. Pendistribusian tahap petama ini rencananya dimulai pada 17 Oktober. Naskah akan dikirim ke delapan provinsi, yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Kepulauan Riau, Bali, NTT, dan NTB. Dari skenario ini daerah-daerah terpencil mendapatkan prioritas pendistribusian naskah ujian lebih dulu.

Pendistribusian tahap pertama juga utnuk Kementerian Agama, Kementerian Pertahanan, Kementerian Kesehatan, Kemendikbud, Kementerian PU, dan Mahkamah Agung. Berikutnya juga untuk Badan Pertanahan Nasional dan Polri. Sedangkan untuk tahap kedua diharapkan tiba di instansi pada 25 Oktober hingga 1 November 2013.

’’Pada tahap kedua ini pendistribusian untuk provinsi dan kementerian/lembaga selain pada tahap pertama,’’ ujar Setiawan. Dengan skenario pendistribusian ini, dia optimis ujian bisa dilaksakan serentak pada 3 November mendatang.

Setiawan menuturkan distribusi naskah ujian untuk tes CPNS pelamar tenaga honorer kategori II ini harus dikawal dengan serius. Sebab urusan ini menjadi salah satu dari empat hal penting dalam pelaksanaan tes CPNS 2013. Urusan penting lainnya adalah penetapan jadwal pelaksanaan ujian secara serentak dan enkripsi butir soal ujian CPNS untuk pelamar umum. (wan)

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) mulai menetapkan rencana pendistribusian lembar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News