Gempa Filipina, 85 Orang Tewas

Gempa Filipina, 85 Orang Tewas
Gempa Filipina, 85 Orang Tewas

GEMPA bumi berkekuatan besar, 7,2 skala Richter (SR), mengguncang wilayah tengah Filipina kemarin (15/10). Beberapa kota utama di wilayah tersebut seperti Kota Carmen di Provinsi Bohol, Kota Cebu di Provinsi Cebu, dan Pulau Siquijor porak poranda.

 

Karena gempa dahsyat tersebut, sedikitnya 85 orang tewas. Selain itu, beberapa bangunan bersejarah dari abad ke-17 seperti Basilica Minore del Santo Nino rusak berat.

 

Gempa dahsyat di Filipina kemarin pagi tersebut juga sempat mengganggu beberapa wilayah di Indonesia. Warga di kawasan Sulawesi Utara dan sekitarnya sempat panik ketika beberapa saat setelah gempa yang terjadi pukul 07.12.36 WIB itu alarm peringatan dini tsunami berbunyi.

 

Peringatan dari Pacific Disaster Center tersebut diteruskan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Disampaikan bahwa gempa di Filipina akan menimbulkan tsunami. Beberapa daerah di Indonesia bakal terkena dampak tsunami tersebut. Antara lain, Manado, Patani, Sorong, Tarakan, dan Jayapura.

 

GEMPA bumi berkekuatan besar, 7,2 skala Richter (SR), mengguncang wilayah tengah Filipina kemarin (15/10). Beberapa kota utama di wilayah tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News