SBY Resmikan 4 PLTU di Pacitan

SBY Resmikan 4 PLTU di Pacitan
Presiden tanda tangani peresmian 4 PLTU Kabupaten Pacitan disaksikan dari sebelah kanan Jero Wacik, Roy Suryo, Djoko Kirmanto, M Nuh, Soekarwo , Nur Pamudji di Jalan Raya Pacitan, Sudiromo, Trenggalek, Rabu (16/10). Foto: Yessy/JPNN

jpnn.com - PACITAN - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini meresmikan empat Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kabupaten Pacitan. Keempat PLTU tersebut yakni PLTU 1 Jawa Timur-Pacitan, Unit 1 dan Unit 2 berkapasitas 2X315 MW, PLTU 3 Banten-Lontar, Unit 2 dan Unit 3 berkapasitas 2X315 MW, PLTU 2 Jawa Timur-Paiton, Unit 9 berkapasitas 1X660 MW dan PLTU 1 Jawa Tengah-Rembang, Unit 1 dan Unit 2 berkapasitas 2X315 MW.

Dalam sambutannya, SBY mengucap syukur atas diresmikannya empat PLTU di Pacitan. "Sepatutnya kita bersyukur karena kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan untuk menyaksikan peresmian PLTU ini," ujar SBY di Jalan Raya Pacitan, Sudiromo, Trenggalek, Jawa Timur, Rabu (16/10).

Dibanding dengan dulu, kata SBY, saat ini Pacitan lebih maju dari ketersediaan pasokan listriknya, untuk itu dia menghaturkan rasa terimakasih.

"Terimakasih pada PLN yang sudah membangun PLTU di tempat kelahiran saya, ini bisa sangat membantu karena yang diresmikan ini merupakan bagian dari hasil kemajuan," katanya.

Di tempat yang sama, Menteri ESDM Jero Wacik merasa lega akhirnya PLTU di Pacitan bisa terwujud. "Akhirnya proyek PLTU pacitan diresmikan juga setelah ditunggu-tunggu sekian lama, terimakasih untuk PLN," terang Jero.

Seperti diketahui, PT PLN (Persero) telah mendapatkan mandat melalui Peraturan Presiden RI Nomor 71 tahun 2006 untuk melakukan percepatan pembangunan PLTU dengan menggunakan batubara di Jawa dan di luar Jawa hingga mencapai total kapasitas 10 ribu MW yang tersebar di seluruh Indonesia, atau yang dikenal dengan sebutan Fast Track Program tahap 1 (FTP-1). Proyek-proyek ini dibangun untuk menunjang penyediaan tenaga listrik serta program diversifikasi energi pembangkit listrik ke non BBM. Nantinya produksi energi listrik di PLTU ini akan disalurkan ke jaringan Jawa Bali melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).

Acara peresmian ini dihadiri pula oleh Ani Yudhoyono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Pacitan Indratato, Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, Menpora Roy Suryo, Mendikbud Muhammad Nuh, Direktur Utama PLN Nur Pamuji berserta jajaran direksi PLN lainnya. (chi/jpnn)

Berita Selanjutnya:
Nama Sutarman Bisa Ditolak

PACITAN - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini meresmikan empat Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kabupaten Pacitan. Keempat PLTU


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News