Disuap Perusahaan Susu Formula, 13 Dokter China Dipecat

Disuap Perusahaan Susu Formula, 13 Dokter China Dipecat
Disuap Perusahaan Susu Formula, 13 Dokter China Dipecat

jpnn.com - BEIJING -- Pemerintah China dengan tegas menghukum 13 dokter dan tenaga medis di Kota Taijin, menyusul pengungkapan praktik suap yang melibatkan perusahaan susu formula Perancis oleh media lokal. Mereka semua dihukum dengan pemberhentian tidak hormat dan dipecat dari tempatnya bekerja.

Menurut laman Szdaily (16/10), media resmi pemerintah China CCTV melaporkan bulan lalu adanya dugaan praktik suap salah satu perusahaan susu formula dari Perancis kepada kalangan dokter dan petugas medis di Kota Taijin.

Pemerintah setempat awal pekan ini menindaklanjuti dengan menyiarkan laporan penyelidikan atas dugaan tersebut. Mereka menemukan praktik ini sudah terjadi sejak 2011. Laporan itu, kemudian dikutip media lokal di China, menyebutkan setidaknya 116 dokter dan 85 institusi kesehatan termasuk rumah sakit, telah menerima suap sejak dua tahun lalu.

Semua uang suap itu dilaporkan telah disita petugas. 13 pelaku termasuk dokter dan perawat, menurut pemerintah Taijin, telah dipecat atau diberhentikan sementara. Sedangkan pihak grup usaha Danone-Dumex, produsen susu formula bayi, mengatakan akan menghentikan praktik itu segera dan akan menunjuk pejabat senior perusahaan untuk menangani kasus ini.

Pemerintah China juga mengeluarkan peraturan baru atas impor yang melarang susu bubuk bayi impor dikemas kembali dan dikurangi konsentrasinya di China.

Sementara itu Lazaras Karasavvidis, dari perusahaan pembuat susu formula bayi Wattle Health Australia, menyambut langkah tersebut. "Dalam beberapa kasus, mereka mencampurkan produk dari China, dan produk yang lebih rendah kualitasnya dari Eropa atau Amerika Selatan, dan susu yang telah dicampur itu kemudian diklaim sebagai produk Australia atau Selandia Baru," tuturnya.

Sementara itu, Rabobank menyiarkan laporan yang mengindikasikan permintaan China akan impor produk susu akan terus berkembang sekitar 20 persen setahun, sampai industri susu dalam negeri berhasil memenuhi kebutuhan.

Menurut catatan, sekitar 70 persen dari lebih 20 juta bayi yang lahir setiap tahun di China, diberikan asupan susu formula, meskipun kampanye untuk mendorong penggunaan ASI terus dilakukan. (esy/jpnn)


BEIJING -- Pemerintah China dengan tegas menghukum 13 dokter dan tenaga medis di Kota Taijin, menyusul pengungkapan praktik suap yang melibatkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News