Pemadaman Listrik Total Ancam Sulbar

Pemadaman Listrik Total Ancam Sulbar
Pemadaman Listrik Total Ancam Sulbar

MAMUJU -- Provinsi Sulbar terancam mengalami pemadaman listrik total. Salah satu penyebabnya, beberapa titik di Desa Pattidi terdapat beberapa pohon besar yang tepat berada di bawah jaringan transmisi. Ini sangat rawan dan bisa menganggu jaringan transmisi.

   

Manager PT PLN (Persero) Area Mamuju, Bagus Hari Abrianto, menjelaskan, beberapa titik transmisi di Desa Pattidi memang sangat rawan. Masalahnya, beberapa warga di sana enggan ditebang pohonnya tanpa ada ganti rugi. Pihaknya khawatir suplai listrik untuk Mamuju dan sebagian Kabupaten Majene hingga Kecamatan Karossa akan padam total, jika pohon-pohon di sekitar transmisi tidak ditebang.

   

"Transmisi bertegangan 150 Kilo Volt sangat rawan sentuhan pohon. Saat pohon menyentuh jaringan, secara otomatis alat pengamanan akan berkerja untuk melokalisasi gangguan sehingga gardu induk Mamuju tidak dapat disuplai dari Sulsel," kata Bagus seperti yang dilansir Fajar (JPNN Group), Selasa (22/10).

   

Akibatnya, beban yang selama ini disuplai dari gardu induk seperti kota Mamuju, sebagian wilayah Kabupaten Majene, hingga Kecamatan Karossa akan padam total. Jika kondisi pembangkit sangat sensitif, maka pemadaman ini akan berimbas juga di Kabupaten Majene secara menyeluruh dan Polman.

   

MAMUJU -- Provinsi Sulbar terancam mengalami pemadaman listrik total. Salah satu penyebabnya, beberapa titik di Desa Pattidi terdapat beberapa pohon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News