Soetrisno Bachir Tebarkan Virus Wirausaha

Soetrisno Bachir Tebarkan Virus Wirausaha
Soetrisno Bachir Tebarkan Virus Wirausaha

jpnn.com - PONOROGO - Pengusaha muslim, Soetrisno Bachir semakin giat menularkan virus jiwa wirausaha (entrepreneurship) kepada generasi muda, antara lain kepada ribuan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (26/10).

Menurutnya, para entrepreneur adalah manusia yang memiliki pemikiran yang jauh ke depan. “Jiwa entrepreneurship adalah kunci meraih kesuksesan dalam bisnis, dan itu harus dikembangkan sejak dini,” cetusnya.

Mantan Ketua Umum DPP PAN ini menjelaskan bahwa jiwa entrepreneurship atau wirausaha menonjolkan sikap mental yang positif dan selalu mendorong untuk mencapai tujuan dengan gigih. "Entrepreneurship juga adalah virus kemandirian, yang merupakan bibit kejayaan suatu bangsa," tambahnya.

Pria yang juga Ketua Umum Perhimpunan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) ini mengungkapkan bahwa bangsa Indonesia masih jauh ketinggalan dari negara-negara tetangga.

“Populasi wirausahawan di Indonesia masih sebanyak 1,56 persen, berada jauh di bawah Malaysia yang punya 4 persen, Thailand punya 4,1 persen, apalagi dengan Singapura yang punya 7 persen,” urainya.

Soetrisno menambahkan bahwa bangsa ini harus memiliki mental yang tangguh dan wawasan yang luas. Menurutnya, selama ini bangsa kita cenderung minder, kurang percaya diri. Karakter wirausahawan harus tangguh.

“Dengan kemajuan kita saat ini, kita mampu membuktikan kalau kita bukan bangsa yang tangguh, bukan lemah. Kita dapat menunjukkan kalau kita bangsa yang juga mampu memberikan sumbangsih untuk dunia,” harapnya.

Berbekal pengalamannya sebagai pengusaha dan tokoh politik nasional, Sutrisno berkomitmen untuk menciptakan peradaban bisnis. "Kita harus hijrah ke pusaran baru dengan mendorong gerakan wirausaha yang merupakan jalan mulia," tegasnya.

PONOROGO - Pengusaha muslim, Soetrisno Bachir semakin giat menularkan virus jiwa wirausaha (entrepreneurship) kepada generasi muda, antara lain kepada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News