PBB Tak Risaukan Survei

PBB Tak Risaukan Survei
PBB Tak Risaukan Survei

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), MS Kaban, mengaku, tidak terlalu merisaukan hasil survei yang nyaris tak pernah menunggulkan partainya. Kaban mengatakan, pihaknya bisa menerima hasil survei asal dilakukan secara obyektif.

"Hasil-hasil survei ini bagi kita tidak menjadi persoalan sepanjang betul-betul objektif, independen, dan tidak disponsori oleh partai politik tertentu," kata Kaban usai diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (26/10).

Ia menjelaskan, para ahli riset harus menjaga objektivitas. Mereka tidak boleh memanfaatkan gelar yang dimilikinya untuk melakukan manipulasi. "Jangan sampai menjadi lembaga sihir Indonesia," kata Kaban.

Pria kelahiran Binjai, Sumatera Utara ini menyatakan, PBB juga terus memerhatikan semua hasil survei. Selanjutnya, PBB pun menguji  kebenaran  survei itu dengan melakukan pengecekan di lapangan. "Semua hasil survei kami baca kita lihat dan melakukan pengecekan ke lapangan untuk membuktikan ini benar atau tidak hasil surveinya," kata mantan Menteri Kehutanan itu.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidyatullah, Gun Gun Heryanto, mengungkapkan bahwa survei itu terbagi dua, yakni scientific dan non-scientific. Menurutnya, survei scientific yang seharusnya ketat diawasi.

Gun Gun pun menyarankan, Indonesia meniru Amerika Serikat yang memiliki dewan etik lembaga survei. Dewan itu bukan didirikan pemerintah, tapi oleh sesama asosiasi profesi seperti akademisi dan periset. "Bentuk asosiasi profesi yang kuat buat standarisasi hasil survei," kata Gun. (gil/jpnn)


JAKARTA - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), MS Kaban, mengaku, tidak terlalu merisaukan hasil survei yang nyaris tak pernah menunggulkan partainya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News