Tunda Perubahan Fraksi dan Lot Saham

Tunda Perubahan Fraksi dan Lot Saham
Tunda Perubahan Fraksi dan Lot Saham

jpnn.com - JAKARTA - Realisasi rencana perubahan fraksi harga (tick price) dan pengurangan jumlah satuan saham dalam lot yang semula dijadwalkan 2 Desember tahun ini bisa tertunda. Bursa Efek Indonesia (BEI) masih harus menuntaskan persiapan terutama sistem teknologi informasi untuk perdagangan.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota"BEI Samsul Hidayat mengatakan, pihaknya masih membutuhkan waktu untuk persiapan. "Ya paling cepat tanggal 2 Desember 2013 dan paling lambat 6 Januari 2014," ujarnya di gedung BEI Selasa (29/10).

Direktur Teknologi Informasi BEI Adikin Basirun mengatakan, persiapan terdiri atas dua aspek, yakni dari sisi BEI dan para Anggota Bursa (AB). Persiapan dari BEI, kata dia, sudah hampir tuntas dan memungkinkan untuk direalisasikan sesuai target awal yaitu 2 Desember 2013.

Namun, sistem baru ini butuh diuji coba bersama para AB yang sehari-hari memfasilitasi perdagangan saham. Dia mencontohkan perubahan jumlah satuan saham dalam lot dari semula 500 saham per lot menjadi 100 saham per lot sudah bisa dijalankan.  

"Dalam sistem kita hanya perubahan parameter dan itu bukan pertama. Dulu waktu bank 5.000 (saham per lot) dan non bank 500 (per lot) itu kan berarti sudah ada penentuan paramter yang berbeda. Sekarang dari 500 jadi 100 itu kan parameter juga," ungkapnya kemarin.

Uji coba bersama AB juga mesti dijalankan. "Sudah kita lakukan sosialisasi. Dalam beberapa hal juga sudah sosialisasi kepada vendor backoffice, kepada data vendor juga sudah sosialisasi. Kesiapan lain dari sisi testing dilakukan beberapa kali sebelum (perubahan fraksi dan lot) itu live," tuturnya.

Uji coba bersama AB dan pihak terkait dengan sistem perdagangan lainnya mulai dilakukan pada November. Adikin berharap semuanya berjalan lancar sehingga bisa mengejar target pemberlakuan secara penuh pada akhir tahun 2013.

Meski begitu pihaknya juga merasa harus realistis dengan antisipasi seandainya uji coba membutuhkan waktu lebih panjang dari perkiraan. "Untuk live itu tentunya kita sampai saat ini belum tetapkan kapan. Tapi tentunya targetnya awal tahun depan," akunya.

JAKARTA - Realisasi rencana perubahan fraksi harga (tick price) dan pengurangan jumlah satuan saham dalam lot yang semula dijadwalkan 2 Desember

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News